BSD Delatinos Mexicano C6 no 8 Serpong Tangerang
+628179962622
promosionlineindonesia@gmail.com

10 Alasan Mengapa Anda Butuh Strategi Digital Marketing yang Jitu di Tahun 2021

Sarana Promosi Online Anda

10 Alasan Mengapa Anda Butuh Strategi Digital Marketing yang Jitu di Tahun 2021

Pentingnya membuat dan menggunakan rencana pemasaran digital untuk mendukung transformasi digital dan pertumbuhan perusahaan

Darimana Anda memulai jika ingin mengembangkan strategi pemasaran digital? Ini masih menjadi tantangan umum karena banyak bisnis tahu betapa pentingnya saluran digital dan seluler saat ini untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan. Namun mereka tidak memiliki rencana terintegrasi untuk menumbuhkan dan melibatkan audiens mereka secara efektif.

Jika bisnis Anda tidak memiliki rencana pemasaran strategis, Anda akan menderita dari sepuluh masalah yang saya soroti nanti di artikel ini dan Anda akan kalah dari pesaing yang lebih paham digital.

Apa itu pemasaran digital?

Pemasaran digital, secara khusus, mengacu pada ‘Mencapai tujuan pemasaran melalui penerapan teknologi dan media digital.’

Teknologi dan media digital meliputi:

  • Situs web perusahaan
  • Aplikasi seluler
  • Halaman perusahaan media sosial
  • Mesin pencari
  • Periklanan
  • Email dan otomatisasi
  • Kemitraan Digital dengan perusahaan digital lainnya

Namun, agar benar-benar berhasil, teknik digital harus diintegrasikan dengan media tradisional seperti cetak, TV, dan surat langsung sebagai bagian dari komunikasi pemasaran multichannel.

Kerangka kerja perencanaan RACE kami membagi pengalaman digital pelanggan melalui Reach, Act, Convert, dan Engage – perjalanan pelanggan penuh.

Dalam setiap teknik, ada banyak taktik mendetail yang penting untuk sukses, sehingga perlu dievaluasi dan diprioritaskan, misalnya dari konten dinamis untuk otomatisasi email, personalisasi situs web hingga terprogram, penargetan ulang, dan konten pencakar langit untuk penelusuran organik.

Tantangan pemasaran digital

Menurut pengalaman saya, tantangan umum adalah di mana Anda harus mulai menyusun rencana pemasaran digital Anda. Saya rasa ada ketakutan bahwa diperlukan laporan besar-besaran, tetapi kami yakin bahwa perencanaan lean bekerja paling baik.

Rencana Anda tidak perlu berupa laporan yang besar, strategi paling baik dapat diringkas dalam dua atau tiga sisi A4 dalam tabel yang menghubungkan strategi pemasaran digital dengan tujuan SMART dalam kerangka perencanaan RACE kami.

Pemasaran digital untuk pemula

Tetapi bagaimana jika Anda salah satu perusahaan yang belum memiliki strategi digital? Menurut saya, dua alternatif sederhana untuk membuat rencana mungkin menyarankan jalan ke depan:

Mulailah dengan rencana pemasaran digital terpisah yang mendefinisikan transformasi yang diperlukan dan membuat kasus untuk investasi dan perubahan.

Kemudian, setelah mendapat persetujuan, buat rencana digital terintegrasi yang merupakan bagian dari rencana pemasaran keseluruhan – digital sepenuhnya selaras dan menjadi bagian dari bisnis seperti biasa.

Gunakan infografis pembandingan digital ini untuk melacak kemajuan Anda dari awal hingga dioptimalkan.

Jadi, apa yang harus dilakukan di sini? Tampaknya bagi saya bahwa:

Menggunakan digital marketing tanpa pendekatan strategis masih lumrah. Saya yakin banyak perusahaan dalam kategori ini menggunakan media digital secara efektif dan mereka pasti bisa mendapatkan hasil yang bagus dari pencarian, email, atau pemasaran media sosial mereka. Namun saya juga yakin bahwa banyak yang kehilangan peluang untuk penargetan atau pengoptimalan yang lebih baik, atau mengalami tantangan lain yang saya cantumkan di bawah. Mungkin masalah di bawah ini paling besar terjadi pada organisasi besar yang sangat membutuhkan tata kelola.

Mayoritas perusahaan dalam penelitian kami memang mengambil pendekatan strategis terhadap digital. Dari pembicaraan dengan perusahaan, saya menemukan pembuatan rencana digital sering terjadi dalam dua tahap. Pertama, rencana pemasaran digital terpisah dibuat. Hal ini berguna untuk mendapatkan kesepakatan dan dukungan dengan menunjukkan peluang dan masalah serta memetakan jalur melalui penetapan tujuan dan strategi khusus untuk digital termasuk bagaimana Anda mengintegrasikan pemasaran digital ke dalam aktivitas bisnis lainnya. Kedua, digital menjadi terintegrasi ke dalam strategi pemasaran, ini adalah aktivitas inti, “bisnis seperti biasa”, tetapi tidak memerlukan perencanaan terpisah, kecuali untuk taktiknya.

Jika Anda tidak memiliki strategi, atau mungkin Anda ingin meninjau masalah bisnis mana yang penting untuk dimasukkan dalam tinjauan strategis, kami telah menetapkan 10 masalah paling umum, yang menurut pengalaman kami muncul jika Anda tidak memiliki strategi.

Apakah Anda memiliki strategi pemasaran digital?

Sejak 2012 kami telah mengadakan jajak pendapat informal untuk melihat seberapa luas strategi pemasaran digital yang digunakan. Hasilnya telah menunjukkan beberapa peningkatan besar selama bertahun-tahun. Beberapa tahun yang lalu kami menemukan sekitar dua pertiga hingga tiga perempat tidak memiliki rencana pemasaran digital. Sekarang angka tersebut telah menyusut menjadi 45% dalam survei terbaru, meskipun itu masih cukup tinggi, dan berarti hampir setengahnya masih melakukan digital tanpa strategi.

Ketika kami meneliti laporan Managing Digital Marketing kami, kami tertarik untuk melihat bagaimana persentase ini mencari sampel yang ditentukan.

Inilah yang kami temukan dalam survei kami tentang tingkat adopsi di industri:

Jadi, penelitian terbaru kami menyarankan pendekatan yang lebih baik untuk perencanaan dalam sampel pemasar ini, dengan kurang dari setengahnya tanpa strategi digital. Selamat jika Anda salah satu dari perusahaan ini! Jika tidak, baca terus.

10 alasan mengapa Anda mungkin memerlukan strategi saluran digital?

1. Anda tidak memiliki arah

Saya menemukan bahwa perusahaan tanpa strategi digital (dan banyak yang melakukannya) tidak memiliki tujuan strategis yang jelas untuk apa yang ingin mereka capai secara online dalam hal mendapatkan pelanggan baru atau membangun hubungan yang lebih dalam dengan yang sudah ada. Dan jika Anda tidak memiliki tujuan dengan tujuan pemasaran digital SMART, Anda kemungkinan besar tidak menempatkan sumber daya yang cukup untuk mencapai tujuan dan Anda tidak mengevaluasi melalui analitik apakah Anda mencapai tujuan tersebut.

2. Anda tidak akan mengetahui audiens atau pangsa pasar online Anda

Permintaan pelanggan untuk layanan online mungkin diremehkan jika Anda belum meneliti ini. Mungkin, yang lebih penting, Anda tidak akan memahami pasar online Anda: dinamika akan berbeda dari saluran tradisional dengan berbagai jenis profil dan perilaku pelanggan, pesaing, proposisi , dan opsi untuk komunikasi pemasaran. Ada alat hebat yang tersedia dari platform digital utama tempat kami dapat mengetahui tingkat permintaan pelanggan, sebaiknya lakukan analisis pesaing dan gunakan perencana Kata Kunci Google untuk melihat bagaimana Anda memanfaatkan maksud para pencari untuk menarik mereka ke situs Anda, atau lihat berapa banyak orang yang tertarik dengan produk atau layanan atau sektor yang dapat Anda jangkau melalui Facebook IQ.

3. Pesaing yang sudah ada dan yang baru mulai akan mendapatkan pangsa pasar

Jika Anda tidak mencurahkan cukup sumber daya untuk digital, atau Anda menggunakan pendekatan ad-hoc tanpa strategi yang ditentukan dengan jelas, maka pesaing Anda akan memakan makan siang digital Anda!

4. Anda tidak memiliki proposisi nilai online yang kuat

Proposisi nilai digital yang didefinisikan dengan jelas yang disesuaikan dengan persona target pelanggan Anda yang berbeda akan membantu Anda membedakan layanan online Anda dengan mendorong pelanggan lama dan baru untuk terlibat pada awalnya dan tetap setia. Mengembangkan strategi pemasaran konten yang kompetitif adalah kunci untuk ini bagi banyak organisasi karena kontenlah yang melibatkan audiens Anda melalui saluran yang berbeda seperti pencarian, sosial, pemasaran email, dan di blog Anda.

5. Anda tidak cukup mengenal pelanggan online Anda

Sering dikatakan bahwa digital adalah “media paling terukur yang pernah ada”. Tetapi Google Analytics dan sejenisnya hanya akan memberi tahu Anda volume kunjungan, bukan sentimen pengunjung, apa yang mereka pikirkan. Anda perlu menggunakan bentuk lain dari alat umpan balik pengguna situs web untuk mengidentifikasi titik lemah Anda dan kemudian mengatasinya.

6. Anda tidak terintegrasi (“hancur”)

Sudah sangat umum aktivitas pemasaran digital diselesaikan secara terpisah, baik itu pemasar digital spesialis, duduk di bagian TI, atau agensi digital terpisah. Lebih mudah untuk mengemas ‘digital’ menjadi potongan yang nyaman. Tapi tentunya kurang efektif. Semua orang setuju bahwa media digital bekerja paling baik bila diintegrasikan dengan media tradisional dan saluran respons. Kami selalu merekomendasikan untuk mengembangkan strategi pemasaran digital terintegrasi dan setelah Transformasi Digital selesai, digital akan menjadi bagian dari rencana pemasaran Anda dan bagian dari bisnis seperti biasa.

7. Digital tidak memiliki cukup orang / anggaran mengingat pentingnya

Sumber daya yang tidak mencukupi akan dikhususkan untuk perencanaan dan pelaksanaan e-marketing dan kemungkinan ada kekurangan keahlian e-marketing khusus yang akan menyulitkan untuk menanggapi ancaman persaingan secara efektif.

8. Anda membuang-buang uang dan waktu melalui duplikasi

Bahkan jika Anda memiliki sumber daya yang cukup, itu mungkin sia-sia. Ini terutama terjadi di perusahaan besar di mana Anda melihat berbagai bagian organisasi pemasaran membeli alat yang berbeda atau menggunakan biro iklan yang berbeda untuk melakukan tugas pemasaran online yang serupa.

9. Anda tidak cukup gesit untuk mengejar atau bertahan di depan

Jika Anda melihat merek online teratas seperti Amazon, Dell, Google, Tesco, Zappos, semuanya dinamis – mencoba pendekatan baru untuk mendapatkan atau mempertahankan audiens online mereka.

10. Anda tidak mengoptimalkan

Setiap perusahaan yang memiliki situs web akan memiliki analitik, tetapi banyak manajer senior tidak memastikan bahwa tim mereka membuat atau memiliki waktu untuk meninjau dan menindaklanjutinya. Setelah strategi memungkinkan Anda mendapatkan dasar-dasarnya dengan benar, Anda dapat melanjutkan ke peningkatan berkelanjutan dari aspek-aspek utama seperti pemasaran penelusuran, pengalaman pengguna situs, email, dan pemasaran media sosial.

Jadi, kabar baiknya adalah ada alasan kuat untuk membuat strategi digital dan mengubah pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk membujuk kolega dan klien Anda. Sekarang ada banyak pengalaman tentang bagaimana bisnis lain telah berhasil mengintegrasikan pemasaran digital ke dalam aktivitas mereka seperti yang dijelaskan dalam contoh rencana digital, templat, dan praktik terbaik di perangkat kami.

Untuk Free Konsultasi silahkan Hubungi Kami di WA 08179962622

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Call Now Button

Developed by IPO Media Solutions