BSD Delatinos Mexicano C6 no 8 Serpong Tangerang
+628179962622
promosionlineindonesia@gmail.com

Tips Hal yang Perlu diketahui Bagaimana Tahapan Cara Pembuatan Konten yang Bagus

Tips Hal yang Perlu diketahui Bagaimana Tahapan Cara Pembuatan Konten yang Bagus

Saya yakinkan bahwa Anda tidak dapat memasarkan bisnis tanpa konten. Iklan yang dilihat pelanggan Anda? Content. Halaman yang mereka buka setelah mengklik iklan Anda? Content. Posting blog yang mereka baca setahun lalu yang membuat mereka akrab dengan merek Anda? Content. Buletin, teks pengingat janji temu, dan artikel bantuan? Content.

Semua komunikasi antara prospek dan pelanggan Anda mengalir melalui konten. Dan cara Anda menghasilkan prospek dan pelanggan tersebut pada awalnya adalah melalui—Anda dapat menebaknya—konten.

Tetapi pembuatan konten bisa menjadi proses yang sulit jika Anda tidak tahu cara melakukannya dengan benar. Jadi dalam panduan ini, saya akan menunjukkan kepada Anda cara membuat konten yang efektif dan menarik yang mendorong sasaran bisnis Anda tanpa mengorbankan kewarasan Anda dalam prosesnya. Ayo lakukan.

Daftar isi
• Apa itu pembuatan konten?
• Penciptaan konten dan pemasaran
• Jenis pembuatan konten
• Proses pembuatan konten 5 langkah
• Kiat pembuatan konten

Apa itu pembuatan konten?

Pembuatan konten, yah, persis seperti apa kedengarannya. Ini adalah proses membuat (atau memproduksi, atau membuat, atau mengocok bersama) konten. Untuk tujuan apa? Anda dapat membuat konten untuk menginspirasi, mendidik, membujuk, meyakinkan, berdebat, mendukung, mengungkapkan, dan masih banyak lagi. Konten seperti apa? Nah, daftar itu bisa berlanjut juga. Konten adalah hampir semua bentuk media yang dapat dikonsumsi oleh audiens Anda—tulisan, lisan, video, audio, dan masih banyak lagi.

Pembuatan konten dan pemasaran

Meskipun definisi teknis pembuatan konten cukup luas, namun cenderung identik dengan pemasaran konten. Dalam hal ini, pembuatan konten adalah proses pembuatan konten yang sesuai dengan audiens target Anda dan membantu mendukung tujuan bisnis Anda. Jadi Anda tidak membuat konten hanya untuk mengekspresikan diri Anda di sini. Anda membuatnya dengan mempertimbangkan persona tertentu, tahapan corong, dan KPI.
Pembuatan konten dapat diterapkan ke konten di seluruh tahapan corong (funnel).

Di bagian berikutnya, kami akan membahas beberapa jenis pembuatan konten yang populer.

Jenis pembuatan konten

Selain memproduksi konten untuk berbagai tahapan di corong, Anda juga harus membuat berbagai jenis konten. Berikut adalah beberapa bentuk umum pembuatan konten dalam pemasaran.

Pembuatan konten SEO
Pembuatan konten SEO mengacu pada penulisan artikel dan halaman situs web yang ditargetkan dengan kata kunci. Kata kunci adalah kata dan frasa yang diketik pelanggan ideal Anda ke Google. Ada beberapa pengoptimalan pada halaman yang dapat Anda lakukan sehingga Google tahu cara menyajikan halaman tersebut untuk pencarian tersebut—dan membuat audiens mengklik hasil Anda.

Pembuatan konten blog

Pembuatan konten blog melibatkan penulisan artikel berkualitas tinggi, bertarget kata kunci, berbentuk panjang (banyak tanda hubung di sana) pada topik yang relevan dengan audiens Anda. Tujuannya adalah untuk memberi peringkat untuk kata kunci tersebut, menghasilkan lalu lintas yang berkualitas ke situs web Anda, menunjukkan keahlian Anda, dan mendapatkan kepercayaan dari pelanggan potensial.

Namun tidak semua pembuatan konten blog harus fokus pada SEO. Banyak bisnis menggunakan posting blog untuk berbagi pembaruan produk dan layanan dan juga melihat ke dalam budaya dan nilai inti mereka.

Pembuatan konten media sosial

Pembuatan konten media sosial sama pentingnya dengan pembuatan konten SEO, tetapi tidak terlalu berkaitan dengan kata kunci dan lebih berkaitan dengan tampilan dan pengiriman informasi. Posting media sosial terbaik menarik secara visual, mudah dicerna dengan cepat, dan memiliki kepribadian.

Pembuatan konten media sosial akan bervariasi sesuai dengan platform media sosial tempat Anda membuat konten—ide posting Facebook yang bagus akan berbeda dari Instagram, yang akan berbeda dari LinkedIn, TikTok, atau Reddit.

 

Pembuatan konten video

Pembuatan konten video menjalankan keseluruhan webinar berdurasi satu jam, kiat cepat lima menit, video penjelasan tiga menit, iklan TV 30 detik, iklan bumper 6 detik di YouTube, dan bahkan iklan gaya slideshow diam (silent slideshow-style ads) di Facebook.
Meskipun video sangat menarik, pembuatan konten video bisa sangat menguras sumber daya. Gunakan tips kami untuk membuat konten iklan video dengan anggaran terbatas sehingga Anda dapat memaksimalkan waktu dan anggaran Anda.

Pembuatan konten B2B
Pembuatan konten B2B adalah proses pembuatan konten untuk pemasaran B2B—yaitu bisnis-ke-bisnis (berlawanan dengan bisnis-ke-konsumen, atau B2C).
Pemasaran B2B menjadi semakin berbeda dari pemasaran B2C, karena pada akhirnya, Anda masih menargetkan individu dan konten Anda harus ramah dan disesuaikan.
Namun ada beberapa jenis konten yang lebih populer untuk B2B daripada B2C, seperti studi kasus, praktik terbaik, panduan cara kerja, dan tren industri.

Bentuk lain dari pembuatan konten

Ada banyak sekali bentuk pembuatan konten lainnya, tetapi beberapa sebutan terhormat meliputi:

• Konten situs web
• Konten email
• Ebook dan panduan
• Webinar
• Pemberdayaan penjualan
• Konten audio

Proses pembuatan konten 5 langkah

Jadi, bagaimana cara membuat konten yang hebat? Setiap pemasar konten akan memiliki metode yang berbeda tergantung pada preferensi pribadi mereka, bisnis mereka, audiens target, ukuran tim konten mereka, dan sumber daya yang tersedia bagi mereka. Tetapi semua metode ini mengikuti proses yang cukup umum. Mari lihat:

1. Ideasi (Pencarian Ide)
Ada sejumlah cara untuk menghasilkan ide topik untuk konten Anda. Itu termasuk penelitian kata kunci, masuk ke situs web Anda sendiri dan analitik media sosial, berkonsultasi dengan tim penjualan dan dukungan untuk mempelajari FAQ, penelitian kompetitif, dan survei umpan balik. Merupakan ide bagus untuk memiliki tempat di mana Anda menyimpan ide.

Gunakan Alat Kata Kunci Gratis WordStream untuk mendapatkan ide topik untuk konten Anda.

2. Perencanaan
Pembuatan konten tidak boleh terjadi hanya dalam satu sesi. Harus selalu ada perencanaan dan persiapan yang terlibat. Garis besar bagian-bagian penting dari konten sehingga Anda dapat memastikannya tetap sesuai dengan judul dan tujuannya.
Garis besar dan template posting blog kami yang dioptimalkan untuk SEO akan membantu Anda di sini!

Anda mungkin juga ingin menetapkan garis waktu untuk membuat diri Anda dan orang lain bertanggung jawab.

3. Penciptaan
Sekarang saatnya Anda mulai mengisi garis besar dan daftar Anda dengan konten! Daging dan kentang. Saran saya adalah pergi dengan bebas di sini. Anda selalu dapat menguranginya nanti. Dengan posting blog khususnya, Anda bahkan mungkin cukup menulis untuk menghasilkan beberapa posting berbeda dalam kelompok topik.

4. Mengedit
Ini adalah saat Anda menelusuri kembali dan memastikan kontennya adalah:
• Jelas dan ringkas
• Benar secara tata bahasa
• Dengan suara yang tepat
• Tetap pada jalur dengan topik dan tujuan
• Masuk akal dan intuitif
Bergantung pada ukuran dan metode tim Anda, mungkin ada beberapa fase dalam tahap pengeditan. Ingat saja: selesai lebih baik daripada sempurna. Dengan konten web, Anda selalu dapat kembali dan melakukan pembaruan atau peningkatan. Jangan terjebak dalam melakukannya dengan benar atau Anda tidak akan pernah berhasil mempublikasikan!
Gunakan panduan kami untuk mengedit konten untuk membantu memprioritaskan tugas dalam fase proses pembuatan konten ini.

5. Mempromosikan
Sekarang saatnya untuk mendistribusikan konten Anda. Gunakan beberapa saluran untuk menjangkau sebanyak mungkin pemirsa dan memaksimalkan upaya Anda. Ini termasuk situs web, email, dan platform media sosial Anda. Dan jangan takut untuk memunculkan kembali konten yang sama secara berkala. Penonton Anda selalu bertambah. Bagikan juga konten Anda secara internal, karena anggota tim Anda—terutama untuk tim B2B—dapat memperkuat jangkauan Anda.

Kiat pembuatan konten

Mari akhiri dengan beberapa tip tentang cara membuat konten yang efektif—dan cara melakukannya secara efisien.

1. Identifikasi siapa dan mengapa (Identify the who and why)
Setiap konten harus dibuat untuk audiens tertentu dengan tujuan tertentu. Jika Anda akan melakukan webinar, misalnya, topik yang Anda putuskan, presentasi yang Anda buat, penempatan email promosi yang Anda kirim, dan iklan serta postingan sosial yang Anda buat untuk itu semua akan bergantung pada siapa yang Anda inginkan. untuk hadir dan apa tujuan Anda dengan webinar.

2. Tetapkan tingkat kesadaran (Establish levels of awareness)
Pada catatan serupa, pastikan Anda mengetahui tingkat kesadaran audiens target Anda untuk setiap konten. Di sepanjang perjalanan pembeli, ada kesadaran titik nyeri, kesadaran masalah, kesadaran solusi, dan kesadaran merek. Pastikan Anda mengetahui tingkat kesadaran audiens Anda terhadap konten tertentu yang Anda buat sehingga Anda dapat menggunakan bahasa yang paling sesuai.

Jika Anda belum memilikinya, gunakan tips dan template kami untuk membuat peta perjalanan pelanggan.

3. Andalkan data
Terlalu sering, pemasaran konten disalahartikan sebagai otak kanan murni. Tetapi kenyataannya adalah, jika Anda menginginkan strategi pemasaran konten yang benar-benar menghasilkan prospek, ada banyak matematika dan data yang digunakan untuk pembuatan konten. Anda harus:
• Perhatikan volume kata kunci dan tingkat persaingan.
• Tetapkan KPI pemasaran konten sehingga Anda dapat menetapkan sasaran terukur untuk konten Anda. Misalnya, jumlah lalu lintas, rasio konversi, dan ROI keseluruhan.
• Lacak metrik SEO seperti waktu di halaman, kecepatan halaman, tautan balik, otoritas domain, dan banyak lagi.
Lebih sering daripada yang Anda pikirkan, kami menemukan bahwa kami pikir kami tahu apa yang paling disukai audiens kami tetapi angka menunjukkan sebaliknya. Gunakan data sebagai kompas Anda dan biarkan kreativitas mengalir dari sana.

4. Buat dengan memikirkan tujuan ulang (Create with repurposing in mind)
Keindahan konten adalah bahwa ada begitu banyak bentuknya sehingga Anda bisa mendapatkan banyak sekali jarak tempuh hanya dari satu bagian. Repurposing adalah sahabat pembuat konten. Tulis posting blog yang dioptimalkan kata kunci dengan gambar dan Anda tidak hanya memiliki posting blog. Anda dapat membuatnya menjadi salah satu atau semua ini:
• Posting sosial yang ditautkan.
• Posting sosial yang tidak ditautkan (seperti hanya gambar, kutipan, atau stat untuk berita singkat).
• Sebuah panduan PDF (ini membuat magnet memimpin besar).
• Sebuah video atau tampilan slide.
• Webinar.
• Daftar item dalam pengumpulan posting blog.
• Item buletin.

Berfokuslah pada penargetan topik yang sangat relevan bagi audiens Anda (inilah mengapa data penting!) dan Anda akan menemukan bahwa membuat konten menarik dalam jumlah besar tidaklah sesulit yang Anda pikirkan.

5. Tetap berpegang pada topik yang selalu hijau (Stick to evergreen topics)
Pada catatan yang mirip dengan yang di atas, sebagian besar konten Anda harus selalu hijau. Pembuatan konten, tidak peduli seberapa mudah Anda membuatnya sendiri, tetap saja menghabiskan waktu dan energi.
Cara terbaik untuk membuatnya bernilai setiap menit dan dolar yang Anda habiskan adalah dengan fokus pada topik abadi yang akan selalu diminati orang, daripada tren dan mode yang akan melonjak dan kemudian mati. Lebih mudah masuk dan merapikan konten hijau dari waktu ke waktu daripada terus-menerus mengejar topik terpanas.

6. Simpan pustaka konten
Pada catatan terakhir itu, pertahankan perpustakaan semua konten Anda sehingga setiap orang di tim dapat melihat apa yang ada. Ini tidak hanya akan memastikan konten Anda mendapatkan banyak penggunaan, tetapi juga akan mencegah pembuatan ulang konten yang tidak perlu dan memperbanyak konten. Ini buang-buang waktu dan pesan Anda akan menjadi tidak konsisten.
Selain itu, pustaka konten memungkinkan Anda melacak pembaruan konten yang selalu hijau itu. Templat audit konten kami akan berguna di sini!

7. Memiliki kalender redaksi
Pastikan untuk membuat kalender editorial. Pembuatan konten tidak terjadi secara terpisah. Anda akan memiliki banyak bagian dalam pengembangan sekaligus. Kalender editorial akan membantu Anda melacak semua yang sedang berlangsung, memprioritaskan sesuai kebutuhan, meminta pertanggungjawaban orang lain, dan membuat rencana sebelumnya. Perencanaan ini sangat bermanfaat karena dapat membantu Anda membuat tema bulanan dan menjaga konten Anda tetap kohesif.

8. Tetapkan panduan gaya
Dan terakhir, miliki panduan gaya sehingga siapa pun dapat masuk dan membantu membuat konten sambil menjaga agar pesan merek tetap konsisten. Panduan gaya mungkin termasuk tetapi tidak terbatas pada:
• Nada suara
• Kosakata (istilah yang beresonansi, istilah yang tidak)
• Preferensi tata bahasa dan sastra
• Anjuran dan larangan untuk gambar

Ringkasan pembuatan konten
Yah, saya dapat dengan aman mengatakan bahwa saya baru saja mengambil bagian dalam pembuatan konten tentang pembuatan konten. Otakku sakit. Jadi saya akan berhenti di situ, tetapi tidak sebelum mengulang proses dan tipnya.

Apakah Anda sedang membuat konten SEO, konten blog, konten media sosial, video, email, atau konten B2B, pastikan untuk menggunakan tips berikut untuk pembuatan konten:
1. Identifikasi siapa dan mengapa
2. Tetapkan tingkat kesadaran
3. Andalkan data
4. Buat dengan memikirkan tujuan ulang
5. Tetap berpegang pada topik yang selalu hijau
6. Simpan pustaka konten
7. Memiliki kalender redaksi
8. Tetapkan panduan gaya
9. Ikuti proses pembuatan konten 5 langkah: Ideasi, Perencanaan, Pembuatan, Pengeditan, dan Promosi

Dengan tips dan proses ini, Anda akan berada di jalur yang tepat untuk membuat konten keren yang mendorong tujuan bisnis Anda dan sepadan dengan waktu dan usaha Anda.

Untuk info dan jasa pembuatan Konten Artikel Bisa WA 08179962622 atau HUBUNGI KAMI

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Developed by IPO Media Solutions



Call Now Button