BSD Delatinos Mexicano C6 no 8 Serpong Tangerang
+628179962622
promosionlineindonesia@gmail.com

Apa Pengaruh ChatGPT Bagi Marketing Online? Para Ahli Membahasnya Disini

Apa Pengaruh ChatGPT Bagi Marketing Online? Para Ahli Membahasnya Disini

Dalam posting blog Maret 2023, pendiri Microsoft Bill Gates menggambarkan ChatGPT sebagai “kemajuan teknologi terpenting sejak antarmuka pengguna grafis” lebih dari 40 tahun sebelumnya.

Dia memprediksi perubahan besar dalam pekerjaan, pendidikan, perjalanan, perawatan kesehatan, dan komunikasi sebagai hasilnya.

Evolusi yang cepat tidak kalah pentingnya bagi pemasar. Hanya dalam beberapa bulan, alat bertenaga AI telah menemukan kasus penggunaan untuk segala hal mulai dari pemasaran PPC hingga SMS dan masih banyak lagi.

Jadi, bagaimana masa depan tim yang bertugas menciptakan komunikasi yang menjual produk dan layanan kita? Akankah ChatGPT mengubah seluruh industri pemasaran? Atau akankah harapannya yang tinggi kembali ke bumi, meninggalkannya sebagai alat lain yang berguna, tetapi tidak mengalahkan dunia, seperti iklan terprogram?

Untuk mendapatkan sedikit kejelasan di antara desas-desus tersebut, kami meminta wawasan dari lebih dari 20 pakar tentang bagaimana ChatGPT akan memengaruhi empat bidang yang menjadi perhatian pemasar. Inilah yang mereka katakan kepada kami.

Daftar isi

Bagaimana ChatGPT akan memengaruhi pemasaran

Bagaimana ChatGPT akan memengaruhi pemasaran bisnis kecil

Bagaimana ChatGPT akan memengaruhi pemasaran konten

Bagaimana ChatGPT akan memengaruhi Google Penelusuran

 

Bagaimana ChatGPT akan memengaruhi pemasaran

Pemasar yang mengadopsi ChatGPT akan segera melihat perubahan besar dalam kata, data, dan proses yang mereka gunakan. Berikut adalah beberapa cara paling penting yang diprediksi para ahli bahwa ChatGPT akan berdampak pada pemasaran umum.

Mempercepat saluran konten

Yang pertama adalah konten, yang dapat dibuat dengan cepat oleh ChatGPT untuk membantu pemasar menjalankan kampanye dengan lebih efisien.

Ini termasuk konten blog, serta posting media sosial (walaupun kami berhati-hati agar tidak menggunakannya untuk menulis konten blog Anda–lebih lanjut tentang itu nanti).

“Bagian terbaik? Itu tidak akan menggantikan Anda, melainkan bekerja bersama Anda, seperti asisten pemasaran, ”tambah Hayley Mollett, koordinator pemasaran di perusahaan layanan TI Better-IT.

Namun, Tasos Banioras, manajer pemasaran digital di agen pemasaran digital Tab.gr, memperingatkan pemasar harus tetap menerapkan pemikiran kritis saat mengevaluasi konten dan ide yang dihasilkan AI.

“Jika tidak, setiap pemasar akan berakhir dengan ide yang sama atau serupa,” katanya.

Sebaliknya, pemasar harus memikirkan ChatGPT sebagai alat tambahan untuk pembuatan konten. Dengan menggunakan ChatGPT untuk mendapatkan ide dan inspirasi, pemasar dapat memastikan bahwa konten mereka bermanfaat, unik, dan manusiawi.

Jadikan data dan analitik lebih bermanfaat

Selanjutnya, kemampuan ChatGPT untuk menganalisis data dan menghasilkan wawasan akan sangat berguna bagi tim pemasaran.

“Ini dapat membantu mengidentifikasi tren, memprediksi perilaku konsumen, dan mempersonalisasi pesan pemasaran ke tingkat yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan,” kata Kacper Rafalski, pemimpin tim penghasil permintaan di konsultan digital Netguru.

Carlos Barros, direktur pemasaran di vendor POS Epos Now, setuju, mencatat ChatGPT mungkin dapat memberikan lebih banyak wawasan tentang produk dan layanan merek — sementara Chris Morris, pendiri agensi pemasaran digital Shoo Social Media, menunjukkan bahwa itu dapat menganalisis pelanggan data seperti riwayat pembelian, perilaku penelusuran, dan demografi untuk menghasilkan rekomendasi yang dipersonalisasi.

Ini juga merupakan alat riset pasar yang berguna.

“ChatGPT dapat menganalisis umpan balik pelanggan dan sentimen media sosial untuk membantu bisnis mendapatkan wawasan tentang perilaku konsumen dan tren pasar,” tambah Morris.

Tingkatkan pengalaman pelanggan

Terlebih lagi, Marc Hardgrove, CEO platform SEO The Hoth, mencatat alat AI memungkinkan pemasar membuat chatbot yang disesuaikan, yang akan mengubah cara merek berkomunikasi dengan pelanggan. Itu termasuk otomatisasi respons merek terhadap pertanyaan dan permintaan dasar.

“Dengan kemampuannya untuk menghasilkan tanggapan seperti manusia, ChatGPT dapat membantu bisnis terlibat dengan pelanggan mereka secara real-time, memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi, dan menawarkan pengalaman pelanggan yang lebih mulus,” tambah Rahul Vij, CEO, agen pemasaran digital WebSpero Solutions.

Hal ini dapat meningkatkan kepuasan dan retensi pelanggan, yang mengarah pada peningkatan penjualan, kata Dmytro Sokhach, pendiri firma pengembangan bisnis Admix Global.

 

Akhiri tugas yang berulang

Dengan cara yang sama, ChatGPT dapat menyederhanakan tugas rutin tambahan dalam penjualan dan pemasaran—seperti perolehan dan pemeliharaan prospek—serta manajemen media sosial.

Ini, catat Alexander Hollingsworth, rekan pemasaran SEO di agensi digital Oyova, “[membebaskan] waktu bagi pemasar untuk fokus pada inisiatif yang lebih strategis.”

Bagaimana ChatGPT akan memengaruhi pemasaran bisnis kecil

Untuk usaha kecil khususnya, ChatGPT akan menjadi alat yang disambut baik karena merek ini umumnya memiliki sumber daya yang lebih terbatas.

Faktanya, Milosz Krasinski, direktur pelaksana perusahaan konsultan web Chilli Fruit, menyebutnya sebagai “alat untuk membantu pemilik usaha kecil mengatasi kebisingan dan menonjol di ruang digital yang padat”.

Berikut adalah beberapa cara khusus yang diprediksi para ahli bahwa ChatGPT akan memengaruhi pemasaran bisnis kecil.

Tumbuh melalui otomatisasi

Mirip dengan pemasaran secara keseluruhan, ChatGPT dapat membantu usaha kecil mengotomatiskan tugas rutin sehingga mereka dapat berfokus pada pemasaran, pengembangan produk, dan perencanaan strategis.

“Dengan menggunakan ChatGPT, UKM tidak hanya dapat meningkatkan efisiensi operasional mereka, tetapi juga meningkatkan pengalaman pelanggan dan mendorong pertumbuhan bisnis mereka,” kata Banioras.

Tidak ada kejutan di sini—ini juga termasuk layanan pelanggan, yang membantu merek dengan cepat menjawab pertanyaan dan membangun hubungan.

“ChatGPT dapat sangat bermanfaat bagi usaha kecil karena dapat membantu mereka menyamakan kedudukan dengan pesaing yang lebih besar dengan memberikan pengalaman pelanggan berkualitas tinggi dengan biaya lebih rendah,” kata Vij. “Dengan menggunakan ChatGPT, usaha kecil dapat menyederhanakan banyak interaksi layanan pelanggan mereka, membebaskan waktu dan sumber daya yang dapat digunakan untuk fokus pada bidang bisnis lainnya.”

Pelajari tentang pelanggan dalam skala besar

ChatGPT juga dapat menganalisis data konsumen, yang memungkinkan usaha kecil untuk lebih memahami pelanggan mereka.

“Dengan mengetahui konten apa yang beresonansi dengan pelanggan, usaha kecil dapat menciptakan strategi pemasaran yang lebih efektif,” tambah Krasinski.

Ini dapat membantu saat mengidentifikasi audiens target Anda, mempersonalisasi pesan pemasaran Anda, atau mencari peluang pemasaran baru. Tapi itu seharusnya bukan satu-satunya sumber daya yang Anda andalkan saat belajar tentang pelanggan Anda. Untuk saat ini, ChatGPT tidak menyertakan informasi setelah tahun 2021, sehingga mungkin kehilangan gambaran yang lebih besar terkait rekomendasi atau ide. Pelajari lebih lanjut tentang pro dan kontra ChatGPT untuk pemasaran di sini.

 

Bagaimana ChatGPT akan memengaruhi pemasaran konten

Dalam hal pembuatan konten, Michelle Burson, presiden agensi pemasaran digital MarComm, menyarankan untuk menyamakan ChatGPT dengan mesin cetak.

“Banyak yang percaya itu akan membuat printer gulung tikar, tapi ternyata tidak,” katanya. “Sebaliknya, mesin cetak memungkinkan printer bekerja lebih cepat, lebih efisien, dan dengan biaya lebih rendah.”

Dengan pemikiran tersebut, berikut adalah beberapa cara para ahli mengantisipasi ChatGPT akan memengaruhi pemasaran konten.

Menumbuhkan ide

Meskipun pemasar mungkin kesulitan menemukan ide dan kata kunci sendiri—dan oleh karena itu kehilangan lalu lintas dan prospek dari konten yang dihasilkan—ChatGPT adalah alat yang berguna untuk melakukan brainstorming topik baru, serta mengumpulkan data.

Selain itu, ChatGPT dapat mengidentifikasi celah dalam konten yang ada, tambah Rafalski.

“Menelusuri halaman informasi memakan waktu,” kata Mollett. “Mengetik subjek, beberapa poin dan fakta penting, dan ChatGPT menampilkan semua informasi yang dibutuhkan sungguh jenius.”

Tetapi sekali lagi, penting untuk memeriksa fakta ChatGPT karena informasinya tidak akan terbaru. ChatGPT dan alat AI lainnya harus digunakan sebagai titik awal untuk membangun.

✴️ Gunakan Alat Kata Kunci Gratis kami untuk menemukan kata kunci bernilai tinggi untuk akun Anda!

Publikasikan konten lebih cepat

ChatGPT dapat membantu pemasar menghasilkan ide konten dengan cepat dan efisien. Ini menjalankan keseluruhan dari pembaruan media sosial hingga deskripsi produk dan buletin email — dan semuanya dalam hitungan detik.

“Respons dan kecepatan terkonsolidasi ChatGPT merupakan keunggulan nyata dalam hal pembuatan konten bermanfaat dengan cara yang lebih efisien,” kata Aissa Djalo dari agensi kreatif Tiny Giants.

ChatGPT juga dapat dengan cepat membuat konten yang disesuaikan dengan audiens tertentu.

“Dengan memberikan informasi kepada ChatGPT tentang audiens target atau segmen pelanggan, ChatGPT dapat menghasilkan konten yang lebih relevan dan menarik bagi kelompok tertentu tersebut,” kata Zaira Céspedes, eksekutif SEO di agensi pemasaran digital GA Agency.

Dan, dengan menggunakan ChatGPT untuk konten, merek dapat mempertahankan jadwal penerbitan yang lebih konsisten—dan menjadikan diri mereka sebagai pemimpin pemikiran, tambah Morris.

Membutuhkan prompt yang tepat

Kuncinya adalah menggunakan permintaan ChatGPT yang tepat.

Itu menurut V. Michael Santoro, pendiri firma branding online Brand Velocity, yang mengatakan pengguna harus mengikuti proses seperti mengoptimalkan hasil pencarian.

“Yang penting adalah menginstruksikan ChatGPT untuk menghasilkan konten dengan suara dan gaya penulisan yang benar berdasarkan merek dan perpesanan,” tambahnya. “Banyak pengguna baru ChatGPT hanya meminta jenis informasi ini dengan, misalnya, ‘Tulis postingan media sosial tentang ____________.’ Meskipun kontennya mungkin akurat, namun mungkin tidak selaras dengan bagaimana Anda ingin merek Anda dipersepsikan di pasar. ”

 

Waspadai tantangan

Pengambilan penting lainnya adalah mengadopsi ide dari ChatGPT—tetapi tidak menyalin dan menempelkannya.

Itu karena ChatGPT dapat memberikan informasi yang sama kepada pengguna lain, yang dapat mengakibatkan masalah plagiarisme atau hak cipta, kata Santoro.

Selain itu, pengguna harus selalu memeriksa ulang fakta yang dihasilkan ChatCPT dengan sumber yang dapat dipercaya.

“Penting untuk dicatat bahwa ChatGPT masih merupakan model pembelajaran mesin, jadi pengawasan dan pengeditan manusia masih penting untuk memastikan konten yang dihasilkan akurat, sesuai, dan konsisten dengan suara dan nilai merek,” kata Céspedes.

Atau, seperti Vladislav Podolyako, CEO platform email Folderly, katakan, tidak ada jaminan jawaban yang dihasilkan ChatGPT tidak menyertakan kesalahan faktual.

“Tidak masalah kalau ditanya resep kue apa yang lebih enak,” ujarnya. “Tapi masalahnya menjadi kritis ketika salah satu resep mengandung racun tikus, bukan gula.”

Itu berarti situs web dengan informasi yang terbukti dapat dipercaya oleh pengguna akan dihargai oleh mesin pencari.

 

Dukung penulis manusia

Ada juga masalah apakah ChatGPT pada akhirnya akan menggantikan penulis manusia.

Sementara itu, Burson mengatakan ChatGPT tidak dapat menggantikan pengalaman manusia—atau kemampuan manusia.

Namun, kebijaksanaan yang berlaku tampaknya memperlakukan ChatGPT sebagai alat pendamping.

“Meskipun terlalu banyak otomatisasi dapat melemahkan sentuhan manusia yang menarik pelanggan, dengan cerdik menggabungkannya ke dalam strategi pemasaran secara keseluruhan untuk membayar dividen dan membedakan merek dari pesaing mereka,” kata Jason Tan, pendiri asisten LinkedIn Engage AI.

“Para pemasar memiliki kesempatan yang menarik untuk membuka potensi AI, tetapi memahami apa yang terbaik membutuhkan keseimbangan antara memanfaatkan teknologi dan membiarkan kecerdikan manusia menjadi pusat perhatian.”

 

Bagaimana ChatGPT akan memengaruhi pencarian Google

Akhirnya, berharap untuk melihat perubahan besar dalam cara mesin pencari memberi peringkat konten — dan bagaimana merek mengoptimalkan SERP.

Konten generatif dapat dihukum

Pemasar yang menggunakan konten yang dihasilkan AI harus menyadari bahwa hal itu dapat merusak peringkat mereka karena Google dapat mendeteksi konten ini — dan menghukum situs web yang sesuai, kata Tatevik Baghdasaryan, pemasar konten dengan perusahaan AI SuperAnnotate.

Luke Glassford, direktur pemasaran perusahaan konsultan Gambit Partners, kurang lebih setuju, mencatat bahwa ChatGPT akan menghasilkan konten otomatis yang diproduksi dalam skala besar.

“Seberapa baik Google mampu mengidentifikasi dan menghargai konten nyata dan mencegah penggunaan konten AI selama tahun depan kemungkinan besar akan membentuk masa depan web,” tambahnya.

Jika raksasa pencarian itu tidak mampu membendung gelombang konten AI di SERPs, Glassford memperkirakan kualitas konten di Internet akan terus memburuk.

 

Keahlian, otoritas, dan kepercayaan menjadi yang terpenting

Alih-alih hanya memublikasikan konten yang diproduksi oleh AI, merek harus fokus pada konten khusus tingkat pakar yang membangun kepercayaan dan otoritas dengan Google.

“Google ingin perusahaan membangun otoritas topikal untuk menentukan peringkat konten,” kata Santoro. “Otoritas topikal berarti menghasilkan konten dalam jumlah besar untuk menutupi ceruk dan mencapai otoritas.

Ini dapat membantu merek meningkatkan peringkat mereka. Begitu juga dengan menggunakan ChatGPT sebagai alat analisis data untuk mengoptimalkan konten.

“ChatGPT dapat membantu bisnis mengoptimalkan konten mereka untuk mesin pencari dan bahkan menghasilkan deskripsi meta dan tag judul,” tambah Hollingsworth.

Rajan Ad, CEO pusat penelitian Magical Media Studio, mencatat menambahkan ChatGPT ke strategi SEO-nya telah membantu meningkatkan peringkat sebesar 25%.

Menurut Vij, ChatGPT juga dapat membantu upaya pengoptimalan dengan “memberikan respons alami dan percakapan yang sesuai dengan kueri penelusuran pengguna”.

Menggunakan respons dari ChatGPT dapat membuka peluang pengoptimalan jika digabungkan dengan keahlian dan otoritas penulis manusia.

 

Faktor peringkat dirombak

Podolyako mencatat Google menggunakan kedalaman cakupan topikal dan jumlah konten, entitas, dan interkoneksi sebagai bantuan peringkat.

“Namun, keterjangkauan konten pasti akan menyebabkan inflasi faktor-faktor ini karena akan menjadi sangat mudah untuk dimanipulasi,” tambahnya. “Inilah mengapa saya yakin Google akan beralih ke otoritas sebagai faktor peringkat.”

Artinya kualitas dan kuantitas backlink dan sitasi akan jauh lebih penting kedepannya.

 

Pemahaman yang lebih baik tentang maksud pengguna

Sementara itu, ChatGPT dapat membantu merek dan Google untuk lebih memahami maksud pengguna di balik setiap pencarian—dan memberikan hasil yang lebih relevan (atau peringkat yang lebih baik untuk kueri tersebut).

“Algoritme pencarian Google sudah menggunakan teknologi AI untuk memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dan personal,” kata Gavin Duff, kepala digital di agen digital Friday Agency. “ChatGPT dan teknologi AI lainnya berpotensi meningkatkan pengalaman pencarian lebih lanjut dengan memberikan hasil yang lebih akurat dan personal.”

 

Pakar mengambil ChatGPT dalam Pemasaran

Ada terlalu banyak debu yang belum terselesaikan untuk mengetahui dampak penuh alat AI seperti ChatGPT terhadap pemasaran. Tetapi jika Anda mendengarkan orang-orang yang tenggelam dalam evolusi, beberapa tema terbentuk:

Otomasi adalah kasus penggunaan langsung dan penting untuk ChatGPT.

ChatGPT memiliki beberapa kegunaan dalam pembuatan konten, tetapi selalu awasi sarannya.

Google memanfaatkan AI untuk meningkatkan pengalaman pencarian tetapi dapat menghukum penggunaannya dalam konten.

Anda dapat menggunakan ChatGPT untuk mengotomatiskan beberapa pengalaman pelanggan, tetapi jangan berharap itu menggantikan interaksi manusia yang sebenarnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Developed by IPO Media Solutions



Call Now Button