BSD Delatinos Mexicano C6 no 8 Serpong Tangerang
+628179962622
promosionlineindonesia@gmail.com

Cara Tetap Fokus: 20 Trik Dan Kiat Untuk Pekerja Kantor Dan Wiraswasta yang melakukan Work From Home (Kerja dari Rumah)

Sarana Promosi Online Anda

Cara Tetap Fokus: 20 Trik Dan Kiat Untuk Pekerja Kantor Dan Wiraswasta yang melakukan Work From Home (Kerja dari Rumah)

Baik Anda bekerja dari rumah untuk bisnis Anda sendiri atau menghabiskan hari di kantor, terkadang sangat sulit untuk berkonsentrasi. Berikut adalah beberapa tips tentang cara tetap fokus.

Produktivitas tenaga kerja telah mencapai ketinggian yang belum pernah terjadi sebelumnya dibandingkan dengan yang dulu setengah abad yang lalu. Dan ya, saya berbicara tentang pekerja kantor! Dengan internet yang menyediakan akses mudah ke segala jenis informasi, semua jenis program di komputer Anda dan sistem komunikasi yang sangat maju, seseorang dapat melakukan pekerjaan yang mengesankan saat ini.

Namun, tetap fokus menjadi semakin sulit karena informasi di sekitar kita, mengganggu kita, mengganggu pekerjaan. Berikut adalah 20 tips tentang cara tetap fokus hari ini.

How to stay focused: Life-style tips

  • Tidur yang cukup

Kemampuan Anda untuk fokus tergantung pada banyak hal yang akan kita bahas dalam artikel ini. Tetapi jika Anda telah tidur empat jam semalam selama tiga tahun terakhir, mereka akan sulit bekerja.

Kurangnya tidur memengaruhi daya ingat dan pikiran Anda, membuat Anda menjadi orang yang lamban. Tidak masalah untuk tidur kurang dari 7 jam dari waktu ke waktu. Tapi jangan biarkan itu menjadi kebiasaan.

Agar cepat tertidur, jangan langsung tidur setelah mandi / mandi. Jangan melakukan hal-hal menarik sebelumnya, seperti bermain video game atau menonton film horor. Hal terbaik yang harus dilakukan sebelum mematikan lampu adalah membaca buku.

  • Jangan minum terlalu banyak kopi dan teh

Kafein merangsang aktivitas otak dan meningkatkan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi. Namun, sedikit yang tahu bahwa terlalu banyak mengonsumsi kopi atau teh kental menyebabkan efek sebaliknya. Setelah dorongan energi awal habis, lebih banyak kopi menyebabkan kelelahan.

Untuk menghindari hal ini dan efek samping lain dari kafein, minumlah kopi dan teh dalam jumlah yang wajar. Tergantung pada toleransi dan berat alami Anda, dosis yang aman adalah sekitar 400 mg. Sedangkan untuk teh, seseorang dapat minum hingga 3-4 gelas setiap hari tanpa harus khawatir.

  • Temukan waktu terbaik Anda untuk bekerja

Orang berbeda. Beberapa bekerja paling baik di pagi hari sementara yang lain butuh waktu untuk bangun sebelum mulai bekerja. Jika Anda seorang freelancer, atau pengusaha ecommerce, atau pekerjaan Anda menawarkan jadwal yang fleksibel, pilih jam kerja yang paling nyaman.

Jika Anda tidak memiliki jadwal yang ketat (jika Anda wiraswasta), buatlah. Memiliki sepanjang hari untuk melakukan pekerjaan itu tampak seperti berkah, tetapi tanpa batas yang tepat, Anda akan terganggu sepanjang waktu, berpikir Anda masih punya waktu seharian untuk menyelesaikan tugas. Alih-alih, lakukan apa yang dilakukan orang lain – bekerja selama 8 jam dengan istirahat makan siang 1 jam.

  • Buat daftar tugas

Kebiasaan baik lain yang akan membantu Anda menjaga fokus mental adalah membuat daftar tugas.

Pertama-tama, dengan daftar hal-hal yang harus Anda lakukan, Anda dapat segera melihat semua tugas dan merencanakan hari Anda. Kedua, dengan cara ini Anda tidak akan melupakan apa pun.

Ketiga, memiliki daftar to-dos yang dapat Anda lakukan satu per satu memberi Anda rasa penutupan. Rasanya seperti langkah lain menuju tujuan akhir Anda dan membawa kepuasan.

  • Jangan membawa pulang pekerjaan

Ini menyangkut mereka yang bekerja dari rumah dan mereka yang bekerja di kantor. Ketika hari itu berakhir atau ketika Anda pergi, anggaplah Anda tidak bekerja sampai pagi berikutnya.

Otak Anda perlu istirahat sama seperti tubuh Anda. Mengulur-ulur diri tidak akan membawa hasil yang positif. Selain itu, melupakan masalah sebenarnya dapat membantu Anda menyelesaikannya.

Bagian bawah sadar dari pikiran kita tidak pernah berhenti bekerja. Selain itu, melihat masalah yang sama dengan mata yang segar keesokan paginya dapat segera menunjukkan solusinya kepada Anda.

Cara tetap fokus: Kiat persiapan

  • Bersihkan meja Anda

Mulailah hari Anda dengan sedikit pembersihan. Hapus hal-hal yang tidak perlu, bersihkan meja, tutup tab yang tidak dibutuhkan di browser Anda, dll. Dengan menyiapkan tempat Anda untuk bekerja, Anda juga mempersiapkan pikiran Anda. Meja yang berantakan membuat pikiran Anda berantakan juga.

  • Hapus semua gangguan

Pastikan untuk menghilangkan apa pun yang dapat mengalihkan perhatian Anda sebelum mulai bekerja. Saya menyadari bahwa seseorang mungkin harus bekerja dari rumah sementara anak-anak bermain di kamar sebelah, tetapi lakukan sebanyak yang Anda bisa.

Temukan tempat yang tenang, tutup pintu, bisu telepon Anda jika Anda tidak membutuhkannya… beri makan kucing. Dengan kata lain, urus apa pun yang dapat mengganggu pekerjaan.

  • Kunci jejaring social

Sebenarnya, tip ini berhubungan langsung dengan yang sebelumnya. Tetapi karena banyak orang merasa sulit untuk tidak memeriksa media sosial setiap 10 menit, saya memutuskan untuk membicarakannya di luar masalah lain.

Pertimbangkan untuk memasang kunci di media sosial.

Ada lusinan aplikasi yang memblokir jejaring sosial, situs web tertentu, dan bahkan video game. Coba Kebebasan atau aplikasi serupa.

Tetapi berhati-hatilah. Beberapa dari mereka sangat kuat sehingga bahkan memulai ulang perangkat tidak akan mengangkat blok. Beberapa bahkan mengklaim bahwa aplikasi tersebut dapat melindungi dirinya dari penghapusan instalasi.

  • Bersiaplah secara mental

Ketika Anda mengerjakan sesuatu untuk waktu yang lama, Anda akan terbiasa dengan ritual tertentu. Misalnya, dalam kasus saya, membuat secangkir kopi, membuka koleksi musik saya dan memilih daftar putar, memeriksa jadwal posting, dll.

Saya mengulangi ritual ini setiap hari, yang membantu menyesuaikan dengan panjang gelombang yang tepat.

  • Tetapkan tugas untuk hari itu

Meskipun Anda harus sudah memiliki daftar tugas yang harus dilakukan, membuat yang kecil tidak akan merugikan. Melihat apa yang harus dilakukan pada akhir hari membantu Anda menjadwalkan pekerjaan Anda, menetapkan tugas-tugas kecil dan paling penting, mengontrol berapa banyak waktu yang tersisa dan seterusnya.

Cara tetap fokus: Kiat bekerja

  • Lakukan tugas yang paling sulit terlebih dahulu

Apakah Anda mulai bekerja pagi-pagi sekali atau tidak lama sebelum makan siang, itu ide yang baik untuk memulai dengan bagian yang paling sulit sementara Anda masih memiliki cukup waktu dan energi.

Misalnya, jika Anda memiliki tugas monoton yang tidak membutuhkan pemikiran dan tugas yang banyak membutuhkan garukan kepala, lakukan yang terakhir terlebih dahulu. Bagian yang mudah tidak akan memakan waktu terlalu lama, tetapi pada saat Anda selesai, bagian yang sulit akan terasa terlalu sulit.

  • Pecah tugas yang kompleks menjadi yang lebih sederhana

Penundaan sering disebabkan oleh kompleksitas tugas. Setiap kali Anda memikirkan pekerjaan yang harus dilakukan, Anda tidak bisa memaksakan diri untuk memulai. Dalam hal ini, cobalah memecahnya menjadi potongan-potongan kecil dan sederhana dan mulai dengan satu.

  • Hindari multitasking

Anjing yang memasang banyak kelinci tidak akan membunuh siapa pun. Ketika mencoba melakukan beberapa hal secara bersamaan, biasanya tidak ada yang dilakukan. Sebaliknya, fokus pada satu tugas hanya tidak memberikan ruang untuk gangguan. Dalam hal ini, Anda tidak perlu beralih antara pekerjaan yang berbeda bolak-balik.

  • Segera lakukan tugas yang lebih kecil

Di sisi lain, mengabaikan setiap masalah yang tidak terduga, bahkan masalah kecil, akan menghasilkan masalah kecil yang menumpuk. Akhirnya Anda akan membutuhkan satu hari penuh untuk menyelesaikannya.

Untuk menghindarinya, gunakan apa yang disebut aturan dua menit. Jika sesuatu akan memakan waktu kurang dari dua menit, lakukan segera.

  • Beralih tugas

Meskipun dalam kebanyakan kasus Anda ingin tetap fokus pada satu pekerjaan, ketika Anda merasa mandek, mungkin ide yang baik untuk beralih ke pekerjaan lain. Ketika Anda melakukan sesuatu terlalu lama, otak akan melambat hingga Anda tidak bisa melihat yang sebenarnya. Perubahan tugas benar-benar dapat membantu dalam situasi seperti itu.

Cara tetap fokus: Biarkan diri Anda beristirahat

  • Beristirahatlah secara teratur

Bekerja beberapa jam terus menerus pada akhirnya akan melelahkan Anda, membuatnya sangat sulit untuk tetap fokus. Itu sebabnya Anda perlu istirahat sejenak dari pekerjaan.

Ada banyak teknik untuk mengganti pekerjaan dan istirahat – misalnya, Teknik Pomodoro. Anda bekerja selama 25 menit dan kemudian istirahat 5 menit. Ulangi empat kali dan istirahat lebih lama hingga setengah jam.

Anda dapat bereksperimen dengan metode serupa lainnya atau tetap menggunakan metode Anda sendiri. Intinya adalah membiarkan diri Anda sedikit beristirahat.

  • Latihan

Selama istirahat singkat, seseorang dapat memiliki rokok atau secangkir kopi, tetapi itu bukan ide yang baik untuk memeriksa email atau akun jejaring sosial Anda. Anda tahu cara kerjanya: Anda berharap untuk menghabiskan hanya 5 menit, tetapi itu berubah menjadi 20 menit dari waktu yang terbuang.

Jadi, hal terbaik untuk dilakukan daripada ini adalah berolahraga. Aktivitas fisik memungkinkan otak beristirahat dan mengisi ulang. Setelah beberapa push-up, Anda akan merasa segar dan siap untuk babak baru.

  • Latih mata Anda juga

Jika Anda harus bekerja di depan komputer sepanjang hari, mata Anda perlu berolahraga juga. Inilah teknik sederhana.

Tutup matamu rapat-rapat dan buka beberapa kali. Kemudian lihat ke atas dan ke bawah, kanan dan kiri. Gerakkan mata Anda dalam lingkaran searah dan berlawanan arah jarum jam.

Lalu pergi ke jendela, menatap benda yang jauh (semakin jauh semakin baik) dan kemudian fokus pada sesuatu yang sangat dekat, atau cukup menatap jari Anda tepat di depan hidung Anda. Ulangi setiap langkah ini beberapa kali, dan ini akan membantu Anda tetap fokus dan menjaga kesehatan mata.

  • Jangan makan terlalu banyak saat makan siang

Terlalu banyak makan siang akan membuat darah mengalir ke perut dan dari otak. Akibatnya, Anda akan mengantuk dan berpikir akan semakin sulit. Hindari makan berlebihan. Atau, seseorang dapat memiliki sedikit makanan ringan dari waktu ke waktu – meskipun itu hampir tidak sehat.

  • Hadiahi diri Anda sendiri

Setiap kali Anda menyelesaikan tugas atau bagiannya, hadiahi diri Anda sendiri. Berjanjilah pada diri sendiri sesuatu yang baik setelah Anda selesai, seperti makan cupcake atau membaca beberapa halaman buku yang baru saja Anda temukan. Janji-janji seperti itu merangsang dengan sangat baik.

Kesimpulan

Banyak di sini tergantung pada kebiasaan dan disiplin diri. Di sisi lain, tidak ada yang terlahir dengan ini. Anda harus melatih diri sedikit demi sedikit sampai Anda dapat bekerja secara efisien bahkan dari rumah tanpa membutuhkan bos untuk mengawasi Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Call Now Button

Developed by IPO Media Solutions