BSD Delatinos Mexicano C6 no 8 Serpong Tangerang
+628179962622
promosionlineindonesia@gmail.com

Bagaimana Cara Jitu Engage di Media Sosial Dan Membuat Posting Anda Lebih Menjual

Sarana Promosi Online Anda

Bagaimana Cara Jitu Engage di Media Sosial Dan Membuat Posting Anda Lebih Menjual

cara Engage di Social MEdia

Ketika situs media sosial pertama kali muncul, mereka dirancang agar orang-orang terhubung satu sama lain. Namun seiring berkembangnya platform dan basis pengguna yang tumbuh, merek menemukan peluang untuk berpartisipasi dan menjangkau pelanggan mereka dengan cara baru. Saat ini, sepertinya tidak terbayangkan untuk bisnis baru terbuka tanpa kehadiran media sosial. Jadi, mari kita lihat cara terbaik untuk bisnis Anda terlibat di media sosial – dan cara memperbaikinya.

Mengapa menggunakan media sosial untuk e-commerce atau Berjualan?

Menjual dari media sosial termasuk interaksi yang terjadi sebelum transaksi yang sebenarnya dilakukan. Ini adalah penelitian, dari mulut ke mulut, interaksi langsung dengan merek, dan banyak lagi. Penjualan e-commerce sangat dipengaruhi oleh dunia online, dan sangat masuk akal bagi merek untuk terlibat di media sosial untuk meningkatkannya. Setidaknya 72% orang dewasa AS menggunakan beberapa jenis media sosial. Karena pelanggan Anda (kemungkinan besar) sudah ada di sana, Anda juga ingin pergi ke sana.

Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa alasan mengapa berinvestasi di media sosial masuk akal. Kemudian kami akan menyentuh tip dan alur kerja khusus tentang cara terlibat dalam media sosial yang berlaku untuk Instagram, Facebook, dan Twitter.

Pemasaran media sosial yang luar biasa memiliki semua peluang untuk membawa hasil yang menakjubkan ke bisnis Online Anda baik itu e-commerce maupun dropshipping, menciptakan pendukung merek yang setia, dan, yang lebih menarik, meningkatkan penjualan Anda. Dengan menggunakan keterlibatan media sosial, Anda pasti akan meningkatkan gema dan nada merek Anda. Jika Anda dapat membuat interaksi yang memikat dengan audiens Anda, itu akan mengarah pada pemasaran dari mulut ke mulut yang kuat – iklan gratis untuk bisnis Anda. Bukankah ini luar biasa? Namun, untuk memperoleh kemampuan media sosial, seseorang perlu memahami prinsip-prinsip di bawah definisi kunci di bidang ini.

Apa yang sebenarnya didefinisikan sebagai “keterlibatan media sosial” atau “Social Media Engagement”? Ini adalah tingkat interaksi rata-rata (suka, komentar, simpan) untuk jumlah total orang di akun.

Indeks keterlibatan yang besar meningkatkan kemungkinan bahwa, misalnya, Instagram akan menampilkan konten Anda kepada audiens yang berpotensi tertarik di tab Rekomendasi. Jika Anda memiliki sedikit suka dan komentar di akun Anda, orang tidak akan melihat Anda! Itu terjadi karena Instagram terus mengubah peringkatnya. Sebelumnya, pengguna melihat postingan terbaru di bagian atas feed-nya, tetapi yang dia lihat sekarang didasarkan pada data pribadi. Tidak ada satu pasang orang pun di dunia ini yang memiliki FEED Instagram yang sama.

Apa yang harus Anda lakukan untuk terlibat dalam media sosial dengan lebih baik?

Nah, yang pertama adalah perencanaan. Setiap posting untuk media sosial Anda harus direncanakan sebelumnya. Buat rencana konten sederhana selama sebulan, seminggu, atau setidaknya beberapa hari ke depan. Ini akan membantu Anda mengingat semua ide yang Anda miliki untuk konten Anda. Anda bisa menggunakan banyak tool untuk perencanaan posting, salah satunya adalah Hootsuite, Tweetdeck, Social Rabbit dsb. Gunakan ini untuk promosi otomatis akun Anda untuk mendapatkan lebih banyak pengikut, suka, dan penjualan.

Menjadi kreatif! Jangan takut untuk menunjukkan kepribadian Anda dan menjadi lebih dekat dengan pengikut Anda. Bereksperimen dengan jenis konten dan analisis hasilnya: posting mana yang lebih disukai, dikomentari, dan dibagikan? Kemudian, buat strategi konten berdasarkan hasil Anda.

Berikut adalah beberapa tip tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan keterlibatan media sosial Anda.

Mengajukan pertanyaan

Mungkin cara paling sederhana untuk terhubung dengan audiens Anda adalah mengajukan pertanyaan. Saat Anda mengajukan pertanyaan yang relevan dan tepat waktu, hal itu dapat menciptakan aktivitas yang paling menarik dan menawan di media sosial Anda.

 Anda dapat memotivasi pengikut Anda dengan salah satu strategi berikut:

1) Undang audiens Anda untuk membagikan pendapat mereka tentang sesuatu.

2) Cobalah permainan “uji pengetahuan Anda”. Tidak ada yang bisa menolaknya!

3) Posting survei. Survei tidak hanya melibatkan pelanggan Anda, tetapi juga membuat Anda mempelajari lebih banyak hal penting tentang pemirsa yang Anda targetkan.

Dorong ekspresi

Dorong pelanggan Anda untuk membuat konten tentang merek Anda – ini dapat memberikan hasil yang luar biasa! Inilah cara Anda melakukannya:

1) Saat Anda memposting sesuatu yang menarik, lakukan sedikit riset hashtag terlebih dahulu, atau buat hashtag khusus yang mengekspresikan konsep merek Anda.

2) Orang-orang menyukai tantangan media sosial, terutama ketika mereka terlibat dalam pengambilan gambar dan berbagi foto atau video asli. Kontes mungkin didedikasikan untuk berbagai jenis ekspresi diri seperti resep, rekaman, lukisan, puisi, dan banyak lagi.

3) Review dan testimonial sangat penting untuk ecommerce. Pikirkan tentang membuat program advokasi yang menampilkan karyawan, mitra, pelanggan, dan melibatkan pelanggan Anda dengan memberi mereka platform untuk mengekspresikan kepribadian mereka.

Bermain permainan

Orang suka bermain game dan mereka suka menang. Penuhi semangat kompetitif pengikut Anda dengan menyertakan beberapa permainan di Post Anda. Bahkan hadiah kecil pun dapat memotivasi audiens Anda untuk mengambil bagian.

Buat penawaran khusus

Strategi yang Anda ikuti untuk terlibat dalam media sosial tidak perlu interaktif atau gamified 100% setiap saat. Anda dapat melibatkan pelanggan dengan penawaran menarik seperti:

Kupon dan diskon instan

Klub keanggotaan

Promosi ‘Pilih diskon Anda’

Bebas biaya kirim

Bereksperimenlah dengan berbagai jenis penawaran untuk menemukan apa yang paling direspon oleh pelanggan Anda!

Ada juga beberapa trik yang ditawarkan oleh halaman bantuan Facebook:

1) Penawaran dengan item gratis atau dengan diskon minimal 20% biasanya menarik lebih banyak orang.

2) Foto orang yang menggunakan produk sering kali berperforma lebih baik daripada foto produk itu sendiri.

3) Ciptakan rasa urgensi. Beri orang waktu untuk menemukan tawaran Anda dan membagikannya di antara teman. Lama penawaran yang ideal adalah 7 hari.

4) Setelah Anda membuat iklan untuk penawaran Anda, sematkan ke bagian atas Halaman Anda agar lebih mudah dilihat.

Namun, tidak ada yang lebih baik dari keterlibatan organik. Jangan lupa untuk menjawab semua pertanyaan dalam pesan dan komentar langsung, teruskan percakapan dengan mengajukan lebih banyak pertanyaan. Ini sangat penting karena respons yang lebih cepat membuat pelanggan lebih bahagia, yang menghasilkan ROI yang lebih besar.

Ingat, media sosial adalah tempat pelanggan Anda berada. Anda dapat meningkatkan keterlibatan Anda hanya dengan bersikap responsif, ramah, dan sopan di media sosial.

Bagaimana cara mendapatkan penjualan dari media sosial pada tahun 2020?

1. Pengukuran strategi sangat penting

Langkah pertama untuk membuat posting Anda terjual adalah menentukan bagaimana Anda akan mengukur apakah metode Anda berfungsi seperti yang diinginkan atau tidak. Ini mungkin tampak jelas, tetapi – luangkan waktu sejenak untuk memikirkannya. Postingan Anda mungkin menunjukkan angka-angka bagus di awal, tetapi kemudian mengakibatkan penurunan penjualan secara bertahap. Cara yang tepat dan tidak ambigu untuk menentukan rasio pasca-penjualan adalah sesuatu yang harus Anda ketahui untuk setiap kasus secara terpisah.

Tentu saja, keberhasilan strategi media sosial Anda pada akhirnya ditentukan oleh fakta sederhana: Anda menang jika target pelanggan berhasil melakukan pembayaran. Perdagangan sosial dapat mengusulkan berbagai cara untuk mencapai tujuan tersebut, termasuk pembuatan konten unik, komunikasi dua arah, dan hal-hal lain yang (kemungkinan besar) sudah Anda ketahui. Wajar jika menyarankan bahwa cara paling transparan untuk mengukur keefektifan strategi perdagangan sosial adalah uang. Dengan menganalisis berapa banyak penjualan yang dapat Anda lakukan sambil mengikuti jalur yang dipilih, Anda benar-benar dapat menyadari potensinya.

Kebenaran yang menyedihkan, bagaimanapun, terletak pada fakta berikut: tidak semua orang mungkin siap untuk berbelanja dalam sekejap mata ketika mereka melihat produk Anda. Perdagangan sosial masih berkembang dan citranya masih terbentuk di benak pelanggan yang representatif. Dengan kata sederhana, belum semua orang setuju: beberapa orang membutuhkan waktu mereka untuk memikirkan atau mempelajari cara membeli dengan aman. Membangun ikatan yang kuat antara dua sisi sektor B2C membutuhkan waktu, tetapi memiliki semua peluang untuk berakhir sebagai kolaborasi yang sempurna di masa depan. Oleh karena itu, kita perlu fleksibel dalam mengukur kesuksesan kita.

Memulai hubungan yang stabil dengan email adalah strategi yang telah teruji oleh waktu.

Siapa pun yang memiliki pemikiran untuk menghubungi Anda harus dapat melakukannya dalam beberapa klik, dan menulis email adalah reaksi yang dapat dihasilkan oleh hampir semua orang. Banyak klien mungkin bersedia membeli produk, tetapi tidak semuanya merasa cukup percaya diri dengan media sosial. Di sinilah email benar-benar bersinar: email tersebar luas dan sangat mudah diakses, dapat dengan mudah ditemukan sekali di kotak masuk, dan semua informasi serta panduan yang diperlukan dapat diberikan di sana dengan cara yang nyaman dan hampir tidak terbatas. Satu email sudah menunjukkan bahwa Anda menarik pelanggan. Selain itu, Anda dapat memandu klien Anda lebih jauh ke akun media sosial atau situs web e-niaga Anda melalui email. Oleh karena itu, jumlah email yang ditangkap dapat menjadi unit pengukuran keberhasilan dengan efisiensi tinggi.

Contoh lain dari pengukuran strategi adalah penyelesaian langkah-langkah tertentu oleh pelanggan. Seseorang belum membeli produk Anda, tetapi sudah terdaftar di situs web Anda? Selamat – peningkatan penjualan online Anda akan segera terjadi! Mencantumkan diri sebagai anggota wilayah Anda menunjukkan minat dan kesediaan yang tulus untuk melakukan tindakan lebih lanjut. Menggunakan peluang ini bisa jauh lebih menguntungkan daripada pengambil perhatian pembelian tunggal. Lanjutkan kisah bisnis Anda – dan mereka akan merespons di jalan.

2. Perluas jaringan Anda

Berbagi itu peduli – dan itu termasuk publisitas produk Anda juga. Tidak ada yang bisa membujuk klien baru untuk merasakan produk Anda lebih baik daripada rekan mereka. Tren terbaru, seperti influencer atau kreasi komunitas, lebih dari layak untuk dilihat. Kehadiran mereka bisa membuat postingan Anda laku dengan rate yang meroket. Sangat wajar bagi orang untuk mempercayai orang-orang yang pendapatnya lama mereka ikuti atau memiliki minat yang sama. Statistik menunjukkan bahwa orang cenderung membeli produk yang telah mereka lihat beberapa kali. Jadi jangan pernah kehilangan kesempatan untuk mengingat produk Anda. Anda tidak hanya memperluas audiens Anda, tetapi juga mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan pengguna media sosial berpengalaman. Mereka yang dapat menawarkan perhatian ribuan orang kemungkinan besar mengetahui pengikut mereka dan dapat meningkatkan keterlibatan media sosial Anda dengan cepat.

Selain itu, memperluas kehadiran Anda di komunitas bertema target dapat bermanfaat sebagai cara lain untuk membuat pos penjualan. Pelanggan akan siap untuk mempertimbangkan pilihan produk Anda dengan lebih rela jika mereka sudah memiliki minat pada topik seperti itu. Dengan memperkenalkan citra yang tepat yang mengungguli pesaing Anda, Anda – berdua! – terlibat di media sosial dengan lebih baik dan tingkatkan penjualan Anda.

3. Fokus pada produk hemat biaya

Media sosial adalah platform penjualan yang berkembang, membuat pelanggan bersemangat untuk mencoba tren pembelian baru. Namun hanya sedikit orang yang setuju untuk membelanjakan uang mereka dengan cara yang tidak mereka kenal. Poin penting di sini adalah melibatkan mereka dalam perjalanan ini dengan gaya yang ringan: ketika seseorang harus mempertimbangkan semua pro dan kontra dari suatu pembelian karena harganya yang tinggi, hal itu mengabaikan semua kegembiraan dari pengabulan segera. . Oleh karena itu, masuk akal untuk menyarankan bahwa produk dengan biaya terendah paling laku di platform media sosial. Hal ini dibuktikan dengan berbagai laporan pasar – seperti penelitian eMarketer terbaru tentang vertikal yang relevan untuk perdagangan sosial. Kategori seperti pakaian, kecantikan, dan dekorasi rumah ada di bagian atas daftar ini.

Hasilnya, pendekatan strategis memastikan kesuksesan Anda dalam jenis bisnis e-niaga. Perhatikan baik-baik item yang Anda masukkan ke dalam daftar ‘untuk dijual’. Setiap angka di sini harus memenuhi kriteria berikut – dari semua produk Anda, satu item:

1) Harus menarik khalayak luas

2) (Idealnya) harus sudah terbukti beresonansi dengan klien Anda

3) Harus menjadi salah satu produk Anda yang paling murah

Menyusun daftar seperti itu bukanlah tugas yang mudah. Namun, tidak perlu khawatir – menyetel eksperimen dapat memberi Anda semua informasi yang relevan. Tidak perlu mengunggah seluruh katalog barang di media sosial. Setelah beberapa kali mencoba, nomor akan berbicara sendiri.

Masih ragu apakah berjualan melalui media sosial itu benar-benar milik Anda? Maka Anda mungkin ingin melihat studi GlobalWebIndex baru-baru ini – dikatakan bahwa 21% pembeli menggunakan media sosial untuk menyelesaikan pembelian mereka sambil tetap menjadi tren baru dan belum sepenuhnya dieksplorasi! Kami memperkirakan jumlah ini akan meningkat pada tahun 2020 – dan ini menjadikannya saat terbaik untuk terlibat dalam media sosial dan mengikuti arus!

Semoga Bermanfaat. Jika ingin konsultasi soal Digital Marketing, kami siap melayani anda secara free. Bisa WA ke 08179962622

Atau Nama Perusahaan dengan Contact Person

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Call Now Button

Developed by IPO Media Solutions