fbpx
BSD Delatinos Mexicano C6 no 8 Serpong Tangerang
+628179962622
promosionlineindonesia@gmail.com

Bagaimana Networks Analysis dapat Membantu Menemukan Influencer yang Tepat dalam Promosi Social Media Anda

Sarana Promosi Online Anda

Bagaimana Networks Analysis dapat Membantu Menemukan Influencer yang Tepat dalam Promosi Social Media Anda

Sebelum kami mengeksplorasi bagaimana Anda dapat menggunakan analisis jaringan influencer, mari kita lihat tantangan pemasaran influencer.

Influencer Marketing: The Real Challenge


Image via Influencer Marketing Hub

Jalan menuju pemasaran influencer tidak dipenuhi dengan sinar matahari dan unicorn. Ini bukan hanya tentang bermitra dengan seseorang yang memiliki banyak pengikut media sosial. Itu membutuhkan penelitian dan perencanaan yang teliti.

Salah satu faktor terpenting yang menentukan keberhasilan kampanye pemasaran influencer adalah influencer yang bekerja sama dengan Anda.

Namun, mengidentifikasi influencer yang tepat untuk kampanye Anda tidak semudah kelihatannya. Faktanya, 73% pemasar menggambarkannya sebagai tantangan terbesar untuk bekerja dengan influencer.

Menemukan influencer yang tepat membutuhkan lebih dari sekadar pencarian Google cepat. Ada banyak aspek seperti jangkauan, keterlibatan, dan kepribadian publik yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih influencer.

Berkolaborasi dengan influencer dengan jutaan pengikut tidak akan memberikan hasil apa pun jika audiens mereka tidak terlibat dengan merek Anda. Di sinilah analisis jaringan influencer dapat sangat membantu.

Analisis jaringan influencer dapat membantu Anda mengidentifikasi orang-orang yang memiliki kekuatan nyata untuk memengaruhi audiens target Anda.

Itu tidak mempertimbangkan jangkauan atau pengikut sebagai satu-satunya indikator pengaruh seseorang dalam jaringan mereka. Alih-alih, analisis jaringan menggunakan posisi seseorang di jaringan untuk menentukan seberapa besar pengaruhnya.


Memahami Analisis Jaringan Sosial

Jika Anda tidak terbiasa dengan konsep teori jaringan dan grafik, analisis jejaring sosial mungkin tampak sangat luar biasa. Dalam istilah sederhana, ini hanyalah proses mengevaluasi hubungan yang dibagikan oleh masing-masing entitas dalam suatu jaringan.

Ini dapat digunakan untuk memperoleh analisis visual dan matematis dari berbagai struktur sosial.

Entitas (orang, organisasi, dan komputer) diwakili oleh node dalam jaringan. Tautan atau tepian mewakili hubungan antara berbagai node.

Posisi sebuah node dalam jaringan menentukan apakah mereka adalah konektor, pemimpin, atau jembatan. Ini dapat diterapkan pada platform jejaring sosial untuk menentukan kekuatan pengaruh nyata seseorang dalam jaringan.

Perhatikan contoh “Jaringan Layang-layang” yang dikembangkan oleh David Krackhardt, seorang pelopor dalam bidang analisis jejaring sosial. Dalam jaringan ini, dua node terhubung satu sama lain jika mereka berinteraksi melalui beberapa cara. Lihatlah screenshot di bawah ini:


Image via Orgnet

Tingkat sentralitas suatu node ditentukan oleh jumlah koneksi langsung yang dimilikinya. Jelaslah bahwa Diane memiliki tingkat tertinggi dalam jaringan ini.

Dengan kata lain, miliknya adalah simpul paling aktif dan dia berfungsi sebagai konektor atau hub. Namun, penting untuk memahami ke mana hubungan ini mengarah. Diane hanya menghubungkan mereka yang sudah terhubung.

Di sisi lain, Heather hanya memiliki tiga koneksi langsung. Namun, dia berada di posisi yang sangat penting dalam jaringan. Node seperti itu dikatakan memiliki sentralitas hubungan yang tinggi dalam jaringan.

Di satu sisi, Heather bertindak sebagai jembatan atau penjaga gerbang antara dua konstituensi penting dalam jaringan.

Tanpa dia, Ike dan Jane akan sepenuhnya terputus dari informasi yang beredar di cluster Diane. Jelaslah bahwa sebuah simpul dengan tinggi antara dapat memiliki dampak signifikan pada apa yang mengalir atau tidak mengalir dalam jaringan.

Sekarang, mari kita lihat bagaimana analisis jejaring sosial dapat diterapkan pada pemasaran influencer.


Analisis Jaringan Influencer: Mengapa Pemasar Membutuhkannya

Contoh “Jaringan Layang-layang” menggambarkan bahwa jangkauan bukan satu-satunya ukuran pengaruh seseorang. Dengan kata lain, saat mencari influencer, Anda tidak dapat menilai mereka berdasarkan jumlah pengikut mereka.

Sebagai gantinya, Anda juga harus mempertimbangkan kualitas koneksi mereka dan orang-orang yang terhubung dengan mereka.

Katakanlah, di satu sisi, Anda memiliki pengguna Instagram dengan 2 juta pengikut Instagram. Namun, sebagian besar pengikut ini adalah pengguna reguler yang, pada gilirannya, tidak memiliki khalayak besar sendiri.

Di sisi lain, Anda memiliki pengguna lain dengan beberapa ribu pengikut, banyak di antaranya terhubung dengan baik di jaringan lain. Bekerja dengan influencer yang termasuk dalam kategori kedua mungkin lebih bermanfaat dalam hal jangkauan dan keterlibatan.

Selain itu, analisis jaringan influencer memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi pengguna yang terhubung ke banyak bagian jaringan.

Dengan kata lain, pengguna ini memiliki nilai sentralitas hubungan yang tinggi dan bertindak sebagai broker atau inovator. Mereka memiliki kekuatan untuk memulai percakapan, menawarkan perspektif alternatif, dan mentransfer ide antar kelompok.

Katakanlah Anda ingin mempromosikan merek tabir surya menggunakan pemasaran influencer. Pilihan yang paling jelas untuk kampanye semacam itu adalah berkolaborasi dengan gaya hidup, mode, dan pengaruh kecantikan.

Namun, Anda juga dapat memasarkan produk ke orang-orang yang sering bepergian atau berencana untuk segera bepergian. Cara yang efektif untuk terhubung dengan orang-orang seperti itu di media sosial adalah melalui blogger perjalanan dan influencer.

Analisis jaringan Influencer memungkinkan Anda untuk melihat lebih dekat posisi berbagai pengguna di situs jejaring sosial. Ia menggunakan algoritma seperti derajat sentralitas dan sentralitas antar untuk menunjukkan pengaruh masing-masing pengguna dalam jaringan.

Selain itu, sering menggunakan algoritma lain yang disebut PageRank (awalnya dikembangkan oleh Larry Page untuk mengoptimalkan hasil pencarian Google).

PageRank menentukan posisi halaman web dalam hasil pencarian Google tergantung pada jumlah situs web yang terhubung dengannya.

Dalam analisis jaringan influencer, algoritma ini mengukur jumlah interaksi (menyebutkan, membagikan, dan menggunakan tagar) yang terhubung ke pengguna tertentu. Dengan kata lain, PageRank adalah indikasi tingkat dan kualitas keterlibatan yang dihasilkan influencer.

Nilai PageRank yang tinggi menunjukkan bahwa pengguna dianggap sebagai sumber informasi tepercaya.

Selain itu, pengguna tersebut cenderung berbagi hubungan yang kuat dengan audiens mereka karena sejumlah besar interaksi. Mereka secara aktif berpartisipasi dalam diskusi dan dianggap sebagai tokoh otoritas di ceruk mereka.

Siapa Influencer yang Tepat untuk Anda?

Analisis jaringan influencer dapat membantu Anda mengidentifikasi pengguna jaringan sosial di posisi paling kuat. Namun, Anda mungkin terpecah antara influencer dengan betweenness tinggi dan yang lain dengan PageRank tinggi.

Satu-satunya cara untuk menyelesaikan dilema ini adalah dengan memiliki gagasan yang jelas tentang tujuan dan target audiens Anda. Jika Anda ingin memperluas jangkauan dan membangun kepercayaan merek, Anda harus memprioritaskan PageRank daripada faktor-faktor lainnya.

Demikian juga, jika Anda ingin menargetkan demografi baru, pilih influencer yang terhubung dengan baik ke segmen pengguna yang berbeda.

Kesimpulan

Analisis jaringan influencer dapat merevolusi cara pemasar memahami pengaruh dan jangkauan. Ini dapat membantu Anda mengidentifikasi pengguna yang paling mungkin membantu Anda memenuhi tujuan akhir Anda.

Terkadang, Anda bahkan dapat menjangkau audiens yang tepat dengan berkolaborasi dengan influencer yang memiliki beberapa ribu pengikut. Sudah saatnya Anda mulai menggunakan analisis jaringan influencer untuk memilih influencer yang tepat untuk kampanye pemasaran Anda.

Sudahkah Anda berkolaborasi dengan influencer menggunakan analisis jejaring sosial? Bagikan pengalaman Anda di bagian komentar di bawah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Call Now Button

Developed by IPO Media Solutions