BSD Delatinos Mexicano C6 no 8 Serpong Tangerang
+628179962622
promosionlineindonesia@gmail.com

Bagaimana Menggunakan Facebook Untuk Usaha Kecil: Cara Memperlakukan Follower Anda Seperti Aset Berharga Mereka?

Sarana Promosi Online Anda

Bagaimana Menggunakan Facebook Untuk Usaha Kecil: Cara Memperlakukan Follower Anda Seperti Aset Berharga Mereka?

Bagaimana Mempromosikan Facebook untuk Usaha anda

Banyak pengusaha menggunakan Facebook untuk bisnis kecil dalam berbagai cara. Pada platform ini, seseorang dapat menarik pelanggan baru, mempertahankan yang sudah ada dan memberikan dukungan pelanggan.

Mengapa Anda memerlukan halaman Facebook untuk bisnis Anda?

Sebuah bisnis tidak hanya harus menawarkan produk-produk berkualitas tinggi atau menyediakan layanan yang bermanfaat. Tanpa pemasaran yang tepat, menjual sesuatu menjadi sangat sulit (jika mungkin sama sekali).

Tetapi tidak seperti perusahaan besar, bisnis kecil tidak mampu melakukan kampanye iklan skala penuh yang ditayangkan di TV atau selama pertandingan sepak bola. Mereka harus menemukan saluran pemasaran yang lebih murah, namun efisien, dan Facebook adalah salah satu yang terbaik.

Kehadiran media sosial saat ini adalah suatu keharusan bahkan untuk perusahaan besar, dan ada beberapa alasan mengapa.

Berkomunikasi dengan pengikut Follower dan pelanggan potensial melalui media sosial menjadikan pengalaman ini lebih pribadi. Mereka mengenal Anda sebagai orang sungguhan daripada bisnis tanpa wajah, berhati dingin. Dengan cara ini seseorang dapat membangun hubungan yang lebih dekat dengan klien dan dengan mudah mendapatkan kepercayaan mereka.

Bereksperimen dengan berbagai jenis konten dan berkomunikasi dengan pengikut Follower membuat Anda lebih mengenal audiens target Anda. Pada gilirannya, mengetahui siapa klien potensial Anda dan apa yang mereka inginkan berfungsi sebagai suar yang bagus untuk bisnis apa pun.

Akun bisnis Facebook berhasil mengarahkan lalu lintas ke toko Online dropshipping Anda dan, dengan demikian, mengubah pengikut menjadi pelanggan.

Semakin banyak orang menganggap media sosial sebagai tempat di mana mereka bisa mendapatkan bantuan atau mengeluh tentang produk dan layanan. Akibatnya, usaha kecil harus memperlakukan jaringan sosial sebagai saluran lain untuk dukungan pelanggan.

Facebook untuk bisnis kecil: Bagaimana menjaga ketertarikan pengikut?

Jaringan sosial bukan hanya platform iklan. Meskipun Anda berhasil membuat orang lain tertarik pada halaman Anda, itu tidak berarti mereka tidak akan berhenti berlangganan – kecuali jika Anda menawarkan sesuatu yang berharga untuk tinggal.

1. Berikan konten yang berharga

Salah satu alasan paling umum mengapa pelanggan terus pergi adalah tidak menyediakan konten yang relevan.

Pengguna Facebook mengikuti akun karena mereka dapat mengkonsumsi konten yang menurut mereka menarik dan bermanfaat. Tidak mendapatkan apa yang mereka harapkan membuat mereka berhenti berlangganan.

Jadi, setiap kali Anda membuat posting, pikirkan dengan hati-hati: apakah posting ini memiliki nilai bagi audiens? Misalnya, jika saya mengikuti akun yang ditujukan untuk kebugaran dan olahraga, saya berharap melihat banyak tips dan rekomendasi tentang latihan dan mungkin berita olahraga. Posting semacam itu harus menjadi inti dari strategi konten Anda.

2. Posting secara teratur

Bahkan jika pengguna Facebook menemukan konten yang berharga di akun Anda, mereka masih dapat pergi jika konten tidak diperbarui secara teratur. Orang-orang menggunakan media sosial sepanjang waktu dan berharap dapat menikmati konten setiap hari atau akhir pekan tergantung pada jenisnya.

Namun, jika posting baru muncul secara acak sekali atau dua kali sebulan, pengguna akan dengan cepat kehilangan minat.

3. Posting pada waktu yang tepat

Posting pada waktu yang tepat juga memainkan peran penting karena mempengaruhi apakah orang akan melihat posting ini di feed.

Misalnya, kebanyakan orang memeriksa makanan di pagi hari, saat makan siang dan malam hari. Jadi, jika Anda memposting sesuatu segera setelah mereka mulai bekerja, posting tersebut akan hilang antara lain pada waktu makan siang.

Namun, apa waktu yang baik dan buruk untuk posting tergantung pada audiens Anda, di mana mereka tinggal dan bekerja, dll. Jadi, Anda harus menganalisis faktor-faktor ini sebelum mengembangkan jadwal posting.

Namun perlu diingat bahwa terlalu banyak memposting dapat mengganggu pengikut. Bergantung pada konten apa yang Anda buat, Anda mungkin ingin menerbitkan sesuatu 2-3 kali sehari.

4. Libatkan pengikut Follower

Agar berhasil menggunakan Facebook untuk bisnis kecil, kita harus terlibat dengan audiens. Terlibat berarti berinteraksi, merespons tindakan orang lain. Menyukai posting, mengomentari, menjawab, dan bertanya – semua aktivitas ini merujuk pada keterlibatan. Tetapi hal yang sama berlaku untuk Anda!

Pemilik usaha kecil yang ingin mempromosikan produk di Facebook juga harus menjawab, mengajukan pertanyaan, suka dan komentar. Orang-orang di media sosial ingin didengar, ingin tempat untuk berbagi pemikiran, perasaan, dan pengalaman mereka. Berikan kepada mereka, dan mereka akan merasa terikat dengan merek Anda dan komunitas sosial yang Anda buat.

5. Jangan berlebihan dengan iklan

Tentu saja, karena Anda ingin mengubah pengikut menjadi pelanggan, Anda tidak dapat melakukannya tanpa iklan. Tetapi ketika akun tidak memposting apa pun selain iklan, pengikut kehilangan minat dan berhenti berlangganan.

Berapa cukup? Beberapa tahun yang lalu, saya katakan 80% posting harus menghibur sementara hanya 20% yang mempromosikan produk secara langsung. Tetapi tampaknya bisnis telah membuktikan bahwa rasio ini tidak selalu tepat.

Anda juga harus bereksperimen untuk mengetahui proporsi yang tepat. Ingat saja, memposting posting promosi membawa petunjuk tetapi menjengkelkan. Memposting konten non-promosi membuat pengikut senang tetapi tidak menghasilkan penjualan. Anda dapat membeli lebih banyak posting promosi jika benar-benar kreatif atau lucu.

Facebook untuk bisnis kecil: Bagaimana cara mengubah pengikut Follower menjadi pelanggan?

Meyakinkan orang untuk tetap menggunakan akun Facebook Anda tidak menjamin mereka akan menjadi pelanggan secara otomatis. Seluruh ide menggunakan Facebook untuk bisnis kecil adalah untuk menghasilkan uang. Berikut adalah beberapa kiat umum tentang cara mengubah pengikut menjadi pelanggan.

1. Tautkan posting ke situs web Anda

Jangan panggil aku Kapten Obvious! Banyak pengusaha pemula mengharapkan pengguna Facebook untuk menemukan tautan semacam itu di bagian Tentang profil sendiri. Tetapi kebenarannya adalah tidak ada yang akan mengganggu.

Karena itu, menempatkan tautan semacam itu di bawah kiriman dan bahkan komentar adalah suatu keharusan. Orang-orang dapat menikmati posting Facebook Anda dan bahkan tertarik pada produk yang Anda promosikan. Tetapi tanpa tautan yang dapat mengarahkan mereka ke toko, mereka tidak akan pernah dikonversi menjadi pelanggan yang sebenarnya.

2. Tawarkan kupon eksklusif

Pikirkan tentang ini. Ada ratusan (atau bahkan ribuan) orang yang mengikuti akun Facebook Anda dan Anda ingin mereka membeli barang dari toko Anda. Lalu bagaimana dengan menghargai mereka karena menjadi bagian dari komunitas?

Coba tawarkan kupon eksklusif dan hanya untuk pengikut. Tindakan ini akan membuat pelanggan merasa istimewa. Selain itu, ketika ditawarkan diskon, kebanyakan orang setidaknya akan mengunjungi situs web Anda dan menelusuri katalog.

Ada juga alasan lain untuk menawarkan kupon alih-alih mengumumkan diskon pada beberapa produk. Dengan menawarkan diskon, Anda meminta pengunjung situs untuk membeli sesuatu dengan harga tertentu walaupun itu dipotong. Tapi kupon adalah tawaran gratis, hadiah. Pengikut mendapatkannya secara gratis dan akan sia-sia untuk tidak menggunakannya.

3. Repost konten dari blog Anda

Jika toko dropshipping Anda memiliki blog, itu ide yang baik untuk mengirim ulang beberapa artikel di halaman Facebook Anda. Ini jenis konten lain yang dapat membantu Anda terlibat dengan audiens. Namun, pemasangan ulang murni tidak akan mengubah pengikut mana pun menjadi pelanggan.

Untuk melakukan itu, posting ulang hanya bagian tertentu dari artikel yang akan menarik minat dan kemudian menawarkan pelanggan untuk membaca seluruh artikel di blog Anda. Mungkin tidak menghasilkan penjualan aktual, tetapi trik ini akan mengarahkan persentase tertentu pengikut media sosial Anda ke situs web. Dan siapa tahu, mungkin mereka akan menjelajahinya sebentar, melihat katalognya dan menemukan sesuatu yang menarik.

4. Dorong konten yang dibuat pengguna

Bahkan jika Anda dapat membuat posting promosi yang paling lucu dan menarik di dunia, itu akan selalu terasa seperti iklan. Dan itu akan selalu hilang bahkan ke pos paling jelek yang dihasilkan oleh pengikut Anda.

Pembeli mempercayai pembeli lain lebih dari merek atau ahli. Itu sebabnya Anda perlu mendorong konten yang dibuat pengguna kapan pun memungkinkan.

Gunakan tagar untuk menemukan konten yang diperlukan yang diposting oleh pengikut Anda. Mintalah izin untuk memposting ulang dan selalu berterima kasih kepada pengguna tersebut dengan diskon, atau kupon, atau beberapa saat kejayaan. Misalnya, banyak pengguna Facebook akan senang berbagi pengalaman mereka dengan produk Anda dalam sebuah wawancara sejenis. Anda juga dapat membuat kontes atau mengirim ulang ulasan pelanggan.

5. Mengumumkan diskon

Menawarkan diskon selalu membawa hasil, jadi Anda tidak boleh mengabaikan metode menarik pelanggan ini. Adapun jejaring sosial, mereka adalah tempat yang bagus untuk mengumumkan diskon dan promosi penjualan, terutama ketika penawaran seperti itu terbatas.

Facebook untuk bisnis kecil: Dukungan pelanggan

Facebook (seperti halnya jejaring sosial lainnya) dapat berfungsi sebagai pusat dukungan pelanggan. Saat ini banyak pembeli berpikir bahwa boleh saja meninggalkan ulasan dan mengajukan pertanyaan di halaman Facebook merek. Karena itu, Anda harus mempelajari cara menangani pengguna tersebut.

Berikut beberapa tips:

1. Selalu merespons

Mengabaikan keluhan adalah hal terburuk yang dapat dilakukan merek. Dan itu tidak hanya akan mempengaruhi orang yang mengeluh tetapi juga pengikut lainnya karena seluruh komunitas akan melihat komentar yang marah tanpa tanggapan.

2. Tanggapi dengan cepat

Respon cepat adalah bukti layanan pelanggan yang baik. Tentu saja, tidak mungkin untuk bereaksi terhadap setiap keluhan dalam waktu lima menit jika Anda adalah bisnis dropshipping kecil dengan hanya satu orang yang bertanggung jawab. Tetapi harus merespons setidaknya dalam 24 jam. Banyak dropshippers memeriksa keluhan hal pertama di pagi hari.

3. Bersikap sopan dan sabar

Saya kira ini cukup jelas. Kami semua mengeluh pada bisnis dan kami semua berharap lelaki di telepon itu sopan dan sopan, tidak peduli siapa yang benar dan siapa yang salah. Hal yang sama berlaku untuk bisnis Anda sendiri.

Tetap tenang, bersikap profesional, dan selalu mulai dengan permintaan maaf atas ketidaknyamanan (bahkan jika Anda tahu klien salah).

4. Selesaikan masalahnya

Setelah meminta maaf secara terbuka, hubungi pelanggan secara pribadi dan cobalah membantunya. Bahkan jika Anda berhasil, itu ide yang baik untuk menawarkan diskon, kupon, atau yang lainnya secara gratis kepada klien. Jika Anda gagal, jangan ragu untuk mengembalikan uang, meminta maaf lagi dan menawarkan sesuatu yang lebih berharga atau Anda akan kehilangan pelanggan selamanya.

Namun, jangan menawarkan diskon kepada publik karena beberapa pengikut mungkin ingin meniru keluhan hanya untuk mendapatkannya.

5. Minta pelapor untuk menghapus posting yang marah

Jika masalah terpecahkan, sebagian besar pelanggan menjadi tenang dan beberapa bahkan merasa menyesal karena marah. Oleh karena itu, meminta mereka secara pribadi untuk menghapus posting yang marah atau komentar dapat bekerja. Atau Anda dapat meminta mereka untuk menulis komentar lain yang mengatakan bahwa masalahnya telah terpecahkan dan semuanya baik-baik saja sekarang.

Atau cukup balas posting asli lagi dan tulis bahwa masalahnya sudah terpecahkan.

Kesimpulan

Memiliki akun Facebook dengan ribuan pengikut tidak ada gunanya kecuali Anda tahu cara mengubahnya menjadi pelanggan yang sebenarnya. Selain itu, jika Anda tidak memberi mereka konten berkualitas tinggi, Anda akan dengan cepat kehilangan semua pemirsa. Tetapi dengan strategi pemasaran Facebook yang tepat, Anda dapat mengubah akun menjadi sumber stabil pembeli reguler.

Untuk informasi diskusi dan layanan jasa Digital Marketing yang meliputi Promosi Online ke Search Engine Marketing dan Social Media Marketing bisa WA ke 08179962622.
Free Konsultasi!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.

Call Now Button

Developed by IPO Media Solutions