Bagaimana Memulai STRATEGI MEDIA SOSIAL Anda dalam 10 Langkah Mudah

BAGAIMANA MULAI STRATEGI MEDIA SOSIAL ANDA DALAM 10 LANGKAH.

Setiap orang dapat memulai rencana Media Sosial dasar mengetahui beberapa poin tentang bisnis Anda, pesaing, target, dan apa yang harus dikatakan di setiap saluran media sosial.

Saya telah bekerja dengan klien dari berbagai ukuran, dan untuk semuanya, saya telah menekankan pentingnya rencana media sosial sebelum dipublikasikan di saluran mana pun. Saya tahu bahwa banyak perusahaan tidak memiliki anggaran untuk menyewa agen digital, dan berkali-kali yang perlu melakukannya adalah orang yang bertanggung jawab atas aktivitas pemasaran perusahaan. 10 langkah dasar yang saya yakini dapat memulai Anda bekerja dengan baik dengan media sosial, bahkan jika Anda hanya seorang profesional pemasaran digital baru atau seseorang yang perlu melakukannya sampai Anda menyewa agen untuk membantu. Jadilah kreatif, lakukan riset Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini, dan mulailah merencanakan!

1. Ketahuilah tujuan Anda
Pertama-tama, Anda perlu memikirkan tujuan pemasaran dan komunikasi Anda. Media sosial sangat penting, tetapi itu harus menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar. Anda perlu memikirkan tujuan jangka panjang dan jangka pendek Anda yang dapat meningkatkan kehadiran pasar, visibilitas, penjualan, atau bahkan meluncurkan bisnis Anda. Mengetahui sasaran-sasaran ini akan membantu untuk berkomunikasi dengan sasaran yang tepat, dengan pesan yang tepat di saluran yang tepat.

2. Apa peran Media Sosial
Ada begitu banyak pilihan media sosial saat ini sehingga sulit untuk memahami bagaimana hal itu dapat membantu strategi komunikasi Anda. Anda harus berhati-hati dan tidak berpikir bahwa semuanya sama. Karena jika Anda mulai posting tidak mempertimbangkan itu, itu akan menjadi kesalahan pertama Anda yang akan berdampak pada semua komunikasi digital Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memikirkan peran masing-masing jaringan media sosial, dalam strategi bauran pemasaran Anda. Saya tahu bisnis kecil biasanya tidak memiliki rencana pemasaran nyata yang dikembangkan, dan sering kali mereka hanya mengikuti apa yang dilakukan oleh pemain besar. Pokoknya, pahami bahwa Facebook, LinkedIn, Instagram, dan platform lainnya adalah tempat untuk bertukar dengan pengikut Anda dan bukan tempat untuk mendorong merek Anda.

3. Apa yang dilakukan pesaing Anda
Sudah saatnya belajar dari kesalahan dan pukulan orang lain. Lihat saluran pesaing Anda dan coba pahami apa yang akan dipikirkan konsumen Anda, bagaimana mereka berinteraksi dengan komunikasi, dan apa yang Anda dapatkan sebagai referensi untuk rencana Anda. Para pemain besar mungkin akan memiliki konten dan keterlibatan terbaik; namun, mungkin mereka tidak akan menjadi parameter yang tepat untuk Anda bandingkan. Lihatlah juga, tetapi pesaing dengan ukuran, struktur, dan target yang sama akan memberikan pembelajaran terbaik. Dan yang paling penting; jangan salin pesaing Anda! Gunakan informasi yang Anda dapatkan dan mulailah sesuatu yang unik untuk Anda.

4. Siapa target Anda
Saya telah melihat banyak perusahaan jatuh cinta dengan jumlah pengikut, tetapi jumlah signifikan ini dapat menjadi kebohongan yang tidak mewakili target Anda yang sebenarnya. Pikirkan tentang semua pemangku kepentingan yang terlibat dalam perjalanan konsumen untuk membeli produk / layanan Anda. Di sana Anda akan menemukan orang-orang yang membutuhkan solusi Anda: spesialis, pengambil keputusan, influencer, mitra, dan dalam banyak kasus, karyawan Anda. Temukan siapa yang akan Anda jangkau di media sosial, dan di mana Anda akan menemukan mereka. Mungkin di Facebook, Anda dapat menjangkau karyawan, mitra, dan yang memiliki rasa sakit, YouTube Anda akan menjangkau para spesialis, dan di LinkedIn para pemberi pengaruh dan pengambil keputusan. Itu akan tergantung pada bisnis Anda, dan itu bukan sebuah aturan. Pembuatan personas adalah ide bagus untuk mengidentifikasi target Anda dengan lebih baik di setiap platform.

5. Apa yang bisa Anda tawarkan untuk mereka
Mengapa Anda mengikuti suatu merek? Karena merek ini mencoba menjual sesuatu atau apakah merek ini menyediakan sesuatu yang menarik untuk Anda? Saya hampir yakin itu adalah opsi kedua, bukan? Target Anda menginginkan yang sama dari Anda! Mulailah menawarkan sesuatu untuk memecahkan masalah mereka, sesuatu untuk mendidik mereka, dan mereka akan mengikuti Anda! 42% konsumen cenderung membeli karena konten pendidikan yang disediakan oleh merek. Selain itu, dengarkan dan jawab pertanyaan mereka, ini akan memberikan informasi bagi Anda untuk membuat lebih banyak konten.

6. Pilih konten yang tepat
Gunakan personas untuk membuat konten Anda dan jelajahi semua kemungkinan. Tulis posting blog dan konten media sosial untuk setiap persona, dan gunakan banyak visual seperti gambar yang indah, dan infografis untuk menarik lebih banyak perhatian ke pesan Anda. Di Facebook Anda bisa lebih informal, di Instagram Anda harus visual, dan di LinkedIn, Anda perlu menunjukkan keahlian Anda. Berhati-hatilah dengan nada pesan, undang pembaca untuk terlibat dan berinteraksi dengan pesan. Ini akan menunjukkan bahwa Anda ingin belajar dengan mereka juga, kan?

Hal penting lainnya adalah: jadilah pintar menggunakan hash-tag! Ini dapat membantu meningkatkan jangkauan konten Anda di Twitter dan Instagram. Coba gunakan antara empat dan enam tag-hash, dan cari percakapan yang ada dengan keterlibatan tinggi.

7. Video selalu lebih baik
Ada proyeksi bahwa video akan membuat hampir 80% dari lalu lintas internet hingga 2019. Merek Anda harus menjadi bagian dari proyeksi ini! Oleh karena itu, mudah untuk menarik perhatian dengan video 90 detik dibandingkan dengan posting dengan 1.000 kata. Anda dapat memberikan informasi yang sama, tetapi dengan video, itu akan mudah dipahami dan lebih mudah dibagikan. Dan jika Anda berpikir bahwa produksi video itu mahal, kini dimungkinkan untuk membuat video yang bagus hanya dengan menggunakan ponsel Anda dan beberapa aplikasi. Ini bukan pilihan terbaik, tetapi Anda dapat melakukannya untuk memulai, sampai Anda memiliki kesempatan untuk melakukan sesuatu yang lebih profesional. Jangan biarkan batasan anggaran Anda mengganggu kreativitas Anda. The Facebook dan Instagram Stories adalah contoh dan tren yang baik menggunakan video dengan mudah.

8. Terus perbincangkan
Ingat, media sosial adalah komunikasi dua arah! Orang akan mengajukan pertanyaan, mengomentari hal-hal baik dan buruk tentang merek Anda. Anda harus siap untuk menjawabnya sesegera mungkin. Ini bisa sedikit menakutkan, tapi itu bagus! Dengan cara yang sama seperti seseorang dapat mengeluh di halaman Anda, konsumen ini dapat memberi tahu orang lain tentang bagaimana Anda memecahkan masalahnya. Anda dapat menggunakan alat media sosial untuk mempromosikan kontes, jajak pendapat, dan cara lain untuk menjaga percakapan tetap berjalan.

9. Ukur hasil
Dengan menggunakan teknik yang tepat, Anda dapat melacak semuanya di media sosial. Semua platform menawarkan analisis mereka dengan semua lalu lintas dan wawasan. Selain itu, Anda dapat mengidentifikasi lalu lintas situs web Anda yang dihasilkan dari konten media sosial Anda. Awalnya akan sulit, dan Anda harus meningkatkan konten Anda untuk mencapai jumlah yang memuaskan, tetapi ketika Anda memulai basis pengikut setia, itu akan meningkat secara organik.

10. Sesuaikan apa yang Anda bisa dan teruskan
Komunikasi digital adalah cara termudah untuk memperbaiki segalanya. Ini adalah proses tanpa akhir di mana Anda perlu membuat tonggak untuk menganalisis apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan. Anda dapat menemukan saluran apa yang menghasilkan lebih banyak hasil, jika anggaran Anda cukup, dan jika Anda dapat mulai memikirkan tentang kampanye untuk fokus pada solusi khusus.

Itu hanya 10 langkah dasar untuk memulai rencana media sosial Anda. Anda akan memiliki banyak pekerjaan, dan saya harap Anda akan mendapatkan hasil yang baik untuk bisnis Anda. Jika terlalu rumit untuk Anda, dan Anda perlu bantuan lebih banyak dengan rencana Anda, klik di sini dan kirim pesan kepada saya dan saya akan senang membantu Anda. Isi formulir di bawah ini dan dapatkan infografis eksklusif tentang media sosial dan buletin saya di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.